Inspeksi dan audit

Sadari Pentingnya Inspeksi Eksplorasi minyak bumi

Cegah Resiko Kebakaran dan Kecelakaan Lainnya dengan Inspeksi Minyak dan Gas

Inspeksi terhadap eksplorasi minyak bumi (industri migas) merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan karena industri ini memiliki risiko tinggi dan menyangkut kepentingan banyak orang. Inspeksi migas bertujuan untuk memastikan keamanan di perusahaan mengenai penggunaan dan sebagainya. Bukan hanya untuk tujuan penggunaan, namun operasional produksi minyak dan gas menyangkut keselamatan banyak nyawa.

Baik itu menyangkut keselamatan para pekerja di lapangan atau jaminan kehidupan layak untuk masyarakat sekitar lokasi penambangan. Selain itu, dampaknya terhadap alam juga wajib dipertimbangkan untuk memastikan alam tetap seimbang dan tidak menjadi bencana di kemudian hari.

Apa itu Inspeksi Migas (Minyak dan Gas)

Kebutuhan atas minyak dan gas sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Berbagai sektor industri serta kalangan masyarakat membutuhkannya demi menunjang proses industri maupun kehidupan sehari-hari. Belum lagi semakin banyak pihak terlibat dalam perdagangan di bidang industri migas secara internasional.

Mulai dari eksportir, importir, pedagang, perusahaan asuransi, dan juga perbankan. LSM publik dan non-publik berbagai skala juga turut serta dalam perdagangan internasional serta eksplorasi minyak bumi dan gas (migas)

Serah terima gas, minyak, serta berbagai produk kilang lainnya menggunakan transportasi kapal, pipa, dan juga truk tangki.  Hal ini pastinya perlu dilakukan yang namanya inspeksi Migas, agar dapat meminimalisir ketidaksesuaian atas kuantitas dan kualitas produk..

Jadi Inspeksi Migas adalah segala aktivitas yang dimana lembaga inspeksi yang kompeten dan independen melakukan peninjauan migas atas kesesuaian produk migas dengan persyaratan/standar, perjanjian jual-beli ataupun regulasi terkait, seperti eksplorasi minyak bumi dan gas. Hal ini penting demi keselamatan banyak orang dan lingkungan.

Setiap harinya ketika serah terima dilakukan terdapat banyak risiko baik risiko untuk keuntungan dari jual beli minyak serta gas atau habitat laut yang notabene menjadi satu-satunya jalur transportasi minyak dan gas. Kerugian yang mungkin saja terjadi untuk jual beli adalah penurunan kuantitas maupun kualitas selama proses serah terima.

Untuk itu, dalam industri migas dibutuhkan informasi akurat untuk meminimalisir kerugian. Baik kerugian dari segi kualitas barangnya atau kerugian dari segi kuantitas barangnya.

Manfaat Melakukan Inspeksi Migas

Minyak dan gas serta berbagai produk kilang turunan membutuhkan inspeksi bukan tanpa alasan. Selain karena produk ini rentan sekali, juga proses inspeksi tersebut memiliki berbagai manfaat penting, seperti:

  1. Inspeksi dapat memastikan kesesuaian kualitas maupun kuantitas barang pada saat serah terima
  2. Memastikan standar kualitas produknya sesuai dengan standar perdagangan di dunia internasional
  3. Informasi aktual mudah didapatkan, seperti informasi mengenai jadwal, analisa kualitas, time log, serta ketidaksesuaian lainnya
  4. Memiliki sertifikat dimana penggunaannya dalam industri migas berperan penting memenuhi kelengkapan dokumen ketika dibutuhkan

Empat manfaat yang kami sebutkan di atas merupakan hal-hal yang menjadi pertimbangan kenapa sampai saat inspeksi dilakukan dan menjadi hal penting. Semua pihak terlibat dalam melakukan inspeksi harus memiliki jiwa yang amanah agar tidak menyebabkan kerugian.

Definisi kerugian bukan hanya menyangkut kurangnya benefit untuk perusahaan. Tetapi, juga meminimalisir dampak atau kemungkinan kerugian perusahaan untuk jangka panjang melalui berbagai aspek, salah satunya memastikan kualitas produk selama perjalanan.

10 Bahaya yang perlu di Inspeksi dalam industri Migas

Inspeksi dalam industri migas juga tak selalu terhadap produk migas, melainkan bisa juga inspeksi atas peralatan dan fasilitas pendukung dalam industri migas, apalagi bila Anda hendak melakukan eksplorasi minyak bumi dan gas  Lantas, apa saja hal-hal yang harus menjadi poin penting pada saat melakukan inspeksi terhadap peralatan dan fasilitas pendukung industri migas? Berikut kami uraikan sepuluh bahaya wajib untuk diinspeksi dalam industri migas:

  1. Tanggap Darurat mesti mendapatkan perhatian khusus demi memastikan bahwa rencana yang terpasang telah benar dan mutakhir serta lengkap sesuai kondisi rig. Pastikan setiap sumur memiliki tanggap darurat yang tertulis secara formal.
  2. Sistem Kelistrikan dan Pelindung Mesin juga masuk ke dalam salah satu yang wajib di inspeksi dalam industri minyak berikut gas. Listrik dan mesin adalah motor dalam operasional sehingga ketika mengalami gangguan maka semua hal menjadi kacau.
  3. Memeriksa dan memastikan seluruh perkakas yang terpasang pada rig telah menempati posisi secara tepat.
  4. Memiliki prosedur perlindungan jatuh dari ketinggian. Dalam hal ini yang dilindungi adalah alat. Dalam industri migas, kemungkinan alat terjatuh dari ketinggian bisa terjadi kapan saja. Namun, inspeksi dilakukan untuk mengukur apakah alat bisa dipakai kembali atau tidak.
  5. Ketersediaan tangga dan jalur untuk para pekerja lapangan harus dipikirkan secara seksama. Apalagi jika sudah melibatkan pekerja manusia maka urusannya dengan nyawa, seperti dalam eksplorasi minyak bumi dan gas.
  6. Tali atau kawat sling harus dipastikan berfungsi dengan sempurna agar tidak terjadi kendala maupun menyebabkan kecelakaan berbagai skala saat pekerjaan berlangsung.
  7. Tangga dan platform mesti terpasang secara tepat akurat untuk mendukung proses inspeksi agar dapat dilakukan secara tepat, agar proses eksplorasi minyak bumi dan gas berjalan dengan baik.
  8. Selang, pin, berikut pengaman mesti dipastikan telah terpasang dengan baik untuk meningkatkan efisiensi dalam bekerja.
  9. Paparan bahaya zat kimia bukan hanya mengganggu kesehatan manusia, tetapi juga merusak keseimbangan lingkungan. Salah satu inspeksi dalam industri migas adalah terkait hal satu ini.
  10. Bahaya pada area lain, seperti jalur las, penyimpanan tubular, benda jatuh, dan juga tata graha.

Sepuluh bahaya yang wajib menjadi antisipasi pada saat melakukan inspeksi harus diteliti secara seksama. Anda dapat mempercayakan proses inspeksi kepada tenaga ahli di bidangnya, seperti Sucofindo.   

Sucofindo adalah layanan terpercaya untuk melakukan inspeksi pada industri minyak dan gas, yang telah berpengalaman serta sudah banyak menghadapi klien.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan inspeksi dan audit dan sektor minyak dan gas. Anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: