ArtikelSertifikasiSustainability

Green and Smart Port Award

Green Port Award dilakukan untuk pelabuhan yang sudah ditunjuk oleh Kemenkomarves atau mengajukan permohonan assessment atau penilaian. Proses ini dimulai sejak tahun 2019 untuk pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Hasil penilaian menunjukan peringkat dan capaian green port.

Sampai tahun 2023, penilaian telah dilakukan pada 23 pelabuhan, yaitu Terminal Khusus Pupuk Kaltim, Belawan International Container Terminal, Terminal Umum Krakatau Bandar Samudera, Terminal Petikemas Makassar, IPC Terminal Peti Kemas, Terminal Zamrud Tj. Perak, Terminal Peti Kemas Semarang, Terminal Teluk Lamong, Pelindo Regional 4 Balikpapan, Pelindo Regional 4 Makassar, TUKS Petrokimia Gresik, Pelindo Regional 3 Bali Nusra, Pelindo Regional 3 Tenau Kupang, Pelindo Regional 2 Banten, Pelindo Regional 2 Pontianak, Pelindo Regional 2 Pangkal Balam, Pelindo Regional 2 Panjang, TPK New Makasar Terminal 2, PT Pertamina Trans Kontinental PTK Shorebase Tanjung Batu, Pelabuhan PT Kalitm Kariangau Terminal, Jakarta International Container Terminal, TPK Koja, dan New Priok Container Terminal 1.

Award tersebut akan didorong agar terus meningkat di tahun-tahun mendatang dengan target 80% hingga 100%. Hal ini diupayakan untuk dapat meraih predikat Green Port di tahun 2023. Implementasinya diharapkan meningkatkan daya saing.

Baik untuk main business dari perusahaan maupun unit pendukung fasilitas industri dalam persaingan global. Hal ini juga untuk bersama-sama mencapai target sesuai standar internasional yang secara langsung meningkatkan reputasi perusahaan.

Secara nasional, Green Port Award menunjukkan bahwa Indonesia memiliki komitmen untuk menjadi poros maritim dunia. Meningkatkan nilai jual di kancah persaingan internasional. Hal ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi Indonesia.

Salah satunya adalah jalinan kerjasama positif dengan negara lain dalam bidang kemaritiman. Bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan aktivitas kepelabuhanan, menjadi lebih mudah juga mendapatkan kerjasama dengan pihak asing.

Sucofindo menyediakan layanan untuk pelabuhan yang dapat dilihat di website resminya. Di antaranya jasa Loading/Unloading Supervisi, Sertifikasi Peralatan, Non Destructive Testing, Monitoring Lingkungan, Sistem Manajemen K3 serta sertifikasi green port.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan sertifikasi, anda  bisa membaca artikel kami di sini. Jika Anda dan perusahaan Anda membutuhkan informasi lebih lanjut terkait layanan kami, hubungi dan konsultasikan hal tersebut di sini.

Suka dengan apa yang Anda baca?
Bagikan berita ini: