Jangan Sampai Rugi! Lakukan Kalibrasi Tangki Secara Berkala

Senin, 31 Oktober 2022 | 14:41



Jika membahas tentang industri minyak dan gas, erat kaitannya dengan tangki. Menurut KBBI tangki adalah wadah tempat penyimpanan yang gunanya untuk menimbun air, minyak tanah, dan sebagainya yang terbuat dari logam. Kamu tau nggak sih kalau ternyata tangki perlu dikalibrasi secara berkala?

Kalibrasi tangki dilakukan bertujuan untuk mengetahui dengan jelas volume tangki sesuai dengan data tabel volume hasil kalibrasi. Kalibrasi tangki sangat diperlukan untuk melihat proses yang akurat dalam menentukan kapasitas tangki secara lengkap maupun parsial dan menunjukkan kapasitas tersebut sebagai volume kenaikan linier atau ketinggian cairan.

Peraturan mengenai kalibrasi tangki juga ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (PERMENDAG) RI No. 67 Tahun 2018 Tentang Alat-Alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya yang Wajib Ditera dan Ditera Ulang. Tangki Ukur Tetap Silinder Tegak (TUTSIT) Bahan Bakar Minyak merupakan UTTP (Ukur Takar Timbang Perlengkapannya) yang wajib ditera dan ditera ulang. Tangki yang menampung cairan bahan baku lainnya yang tidak termasuk dalam kategori wajib untuk ditera dan tera ulang tetap perlu dikalibrasi agar ukuran volume yang tertera benar dan dapat dipertanggungjawabkan. 



TUTSIT
(Tangki Ukur Tetap Silinder Tegak)

Proses ini sangat perlu dilakukan secara berkala dikarenakan kondisi tangki senantiasa berubah jika kondisi operasi berubah seperti contoh di bawah ini:

  1. Ekspansi atau kontraksi kerang tangki karena tekanan hidrostatis cair atau perubahan suhu operasi.

  2. Setiap modifikasi tangki atau pelat dip seperti membalikkan pipa baru, perbaikan lantai, atap mengambang modifikasi, perubahan deadwood (benda koreksi), dll.

  3. Perubahan ketebalan plat tangki.

  4. Relokasi tangki.

  5. Tilt dan penyelesaian tangki dengan perubahan yang dihasilkan dalam geometri tangki.

  6. Perubahan kepadatan produk (dapat mempengaruhi karakteristik ekspansi tangki, dsb.)

Sehingga, jika tangki tidak dikalibrasi secara berkala akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan dari segi biaya, waktu, hingga mutu komoditas karena ketidakakuratan tangki. SUCOFINDO siap melayani perusahaan anda melalui jasa kalibrasi tangki dengan personel kami yang profesional dan kompeten. 

Ingin tau lebih lanjut dengan jasa kalibrasi tangki oleh SUCOFINDO? Segera hubungi Customer Service kami melalui Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!