Biar paham! Ini 3 Manfaat Verifikasi TKDN

Kamis, 15 September 2022 | 14:14


TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri adalah besaran nilai persentase keseluruhan komponen produksi yang berasal dari dalam negeri, baik berupa barang, jasa, maupun gabungan keduanya. Termasuk dalam perhitungan TKDN adalah biaya transportasi, biaya tenaga kerja, mesin produksi (jika ada) dan biaya lainnya terkait dengan produksi barang dan jasa dimaksud. Penerapan TKDN merupakan salah satu upaya pemerintah dalam  mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk meningkatkan utilisasi, efisiensi, daya saing, mutu produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Sucofindo merupakan salah satu perusahaan/ lembaga surveyor independen yang ditunjuk oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dalam melakukan verifikasi TKDN dan capaiannya.  Sucofindo telah melayani jasa verifikasi TKDN ke berbagai perusahaan di seluruh Indonesia. Personil kami telah dibekali dengan kompetensi yang mumpuni dan berpengalaman dalam melakukan pekerjaan verifikasi untuk memastikan proses perhitungan dan verifikasi capaian komponen dalam negeri yang akurat

Hasil yang akurat dan proses verifikasi yang dilakukan oleh personel yang berpengalaman dan kompeten akan memberikan benefit kepada perusahaan anda berupa proses pekerjaan cepat, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Manfaat Verifikasi TKDN untuk perusahaan anda?

Selain untuk memenuhi regulasi, perusahaan yang telah melakukan verifikasi TKDN akan memperoleh manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya saing perusahaan
    TKDN merupakan salah satu komponen wajib yang harus disertakan dalam proses lelang di instansi pemerintah, perusahaan KKS (Kontraktor Kerja Sama) / perusahaan minyak dan gas, sehingga menambah daya saing perusahaan dan meningkatkan peluang dalam memenangkan lelang/tender.

  2. Meningkatkan peluang memenangkan tender
    Merujuk Perpres 16 Tahun 2018 pasal 66, perusahaan yang telah mencapai persentase capaian TKDN melebihi 25% dan memperoleh kontrak > Rp 1 Miliar akan memperoleh insentif dari pemerintah, berupa preferensi dalam menentukan pemenang lelang atau tender. Preferensi yang diberikan berupa toleransi atas kelebihan penawaran harga, artinya apabila perusahaan mengajukan penawaran melebihi penawaran yang diajukan peserta lelang lain, tetapi peserta lelang tersebut belum melakukan sertifikasi TKDN atau memiliki nilai TKDN lebih kecil, maka perusahaan Anda yang akan ditunjuk sebagai pemenang dalam proses evaluasi akhir pengadaan.

  3. Mengurangi ketergantungan pada barang impor
    Membantu pemerintah dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap barang/jasa impor dan menciptakan nilai ekonomi dan sosial untuk menciptakan lapangan kerja di dalam negeri.

Butuh jasa Verifikasi TKDN? Hubungi kami melalui Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!