SUCOFINDO-PT TOP Tekno Indo Kolaborasi Wujudkan Teknologi Ramah Lingkungan di Bandung

Jumat, 09 September 2022 | 15:11


Bandung (9/9) - PT SUCOFINDO bersama PT TOP Tekno Indo berkolaborasi mendorong terwujudnya Teknologi Ramah Lingkungan di kota Bandung, Jawa Barat. Kerja sama ini dilaksanakan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas dan Direktur Utama PT TOP Tekno Indo, Betha Kurniawan yang diselenggarakan di workshop PT TOP Tekno Indo.

Implementasi teknologi ramah lingkungan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam prioritas G20, yaitu transisi energi untuk menuju Net Zero Emission (NZE).

“PT SUCOFINDO sebagai perusahaan dengan pengelolaan risk management yang baik, berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah dalam mengatasi isu lingkungan salah satunya mendukung upaya Net Zero Emission (NZE) melalui transisi energi,” kata Darwin.

Selanjutnya, Darwin menambahkan bahwa PT SUCOFINDO melalui layanan TIC (Testing, Inspection, Certification) mampu melayani waste management. “Sedangkan PT TOP Tekno Indo mampu menguatkan untuk jasa teknologi ramah lingkungan, sehingga kolaborasi ini mampu menghasilkan dampak baik bagi kedua belah pihak, serta mampu membantu Jawa Barat, terutama Kota Bandung dan Indonesia secara khususnya,  dalam menanggulangi isu lingkungan,” tutur Darwin.

Betha Kurniawan, Direktur Utama PT TOP Tekno Indo menyampaikan apresiasinya dalam penandatanganan MoU dengan PT SUCOFINDO, terutama dalam mendukung proyek bisnis Hejo Tekno. Proyek ini merupakan produk bisnis ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah. “Dengan adanya kerja sama dengan PT SUCOFINDO, mampu memastikan produk kami sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga kami mampu memperluas cakupan produksi alat kami,” ucap Betha.

Kerja sama ini Betha berharap tak hanya sebatas kolaborasi untuk layanan survey dan pengujian alat, namun seluruh aspek kegiatan laboratorium dapat menggunakan jasa PT SUCOFINDO. “Melalui kerja sama ini, mampu memastikan produk yang dihasilkan, sehingga mampu diterima dan memiliki nilai standar lingkungan yang baik,” kata Betha.

Selanjutnya, Betha menambahkan PT SUCOFINDO turut membantu monitoring alat pengelolaan sampah di setiap kelurahan di Kota Bandung. “Selain itu, juga membantu dalam pengujian emisi, pengaplikasian teknologi, serta memastikan kesesuaian standar lingkungan, sehingga memberikan rasa aman dan percaya bagi masyarakat penerima manfaat,” tambah Betha.

Dalam pengelolaan lingkungan PT SUCOFINDO Cabang Bandung memiliki pengujian di Laboratorium Lingkungan yang sudah terakreditasi KAN, dan terdaftar di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sertifikasi sistem manajemen, audit energi serta jasa eco framework seperti penyusunan dokumen lingkungan yaitu AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan), Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL), DPLH (Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup), perizinan teknis, dan dokumen lingkungan lainnya.

Selain itu, PT SUCOFINDO Cabang Bandung memiliki beberapa jasa unggulan antara lain jasa dalam bidang inspeksi yaitu pemeriksaan/uji K3 (Kesehatan, dan Kesehatan Kerja), Sertifikasi Laik Operasi (SLO) dan pemeriksaan peralatan minyak dan gas. 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO memiliki layanan jasa Testing, Inspeksi, Sertifikasi untuk berbagai sektor Industri.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 80 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 65 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.                                                                                               -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Agus Salim

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon       : +62 21 798 3666

Faksimili       : +62 21 798 3888

Email           : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id