Takut barang agunan hilang di gudang? Jangan khawatir, ada Manajemen Agunan!

Kamis, 04 Agustus 2022 | 11:12


SuperSCI, pernah dengar istilah Manajemen Agunan? Manajemen Agunan adalah skema pembiayaan dimana pendana memberikan fasilitas pembiayaan kepada debitur berdasarkan komoditas agunan pada suatu Gudang yang dikontrol secara Independen (UNCTAD, 2001).

Jasa Manajemen Agunan (JMA) merupakan layanan jasa SUCOFINDO untuk menjembatani antara lembaga penyedia finansial/bank dan badan usaha pengguna layanan finansial. Jika suatu badan usaha yang memiliki potensi bisnis besar (high demand) dan ingin mengembangkan bisnisnya tapi memiliki keterbatasan modal berupa cash ataupun fixed asset, maka layanan JMA dapat menjadi solusi dengan syarat barang yang diagunkan merupakan barang yang tradeable.

Jenis Barang apa saja yang bisa dijadikan agunan?

Adapun barang yang dapat dijadikan agunan diantaranya: Cocoa beans, Cotton, Rice, Sugar, Refined sugar, Raw sugar, Wheat flour, Wheat, Soybeans, Soybean meal, Corn Gluten Meal, Corn, Rapeseed, Steel slab, Wire rod, Hot Coil, Electronic Data Capture, Fertilizer (KCL), Petrochemical, Pulp.

Bagaimana kami dapat membantumu?

SUCOFINDO memiliki kapabilitas dalam melayani jasa berikut:

  1.  Verifikasi Stock/Agunan
    Pemeriksaan dan penghitungan/penimbangan atas persediaan barang yang dilakukan dengan metoda/teknik sesuai dengan jenis persediaan. Penentuan mutu dan nilai juga dapat dilakukan bila diperlukan. Pelaksanaan Stock Verification/Stocktaking ditunjang oleh data/dokumen pendukung yang berkaitan dengan barang, antara lain:  asal-usul barang (invoice, packing list, faktur dll) dan mutasi barang (storage tag, stock card atau buku stock dll).

  2. Stock/Collateral Monitoring
    Stock/Collateral Monitoring adalah pemantauan mutasi (keluar-masuk) barang persediaan (atau agunan), termasuk pengecekan langsung atas kuantitas dan kondisi fisik barang selama jam kerja dengan sistem kunci ganda (double lock system) dalam rangka mengawasi keamanan dan mutasi barang yang bersangkutan. SUCOFINDO akan menerbitkan laporan Stock Monitoring secara periodik (umumnya dua mingguan) yang mencakup rekapitulasi kegiatan penerimaan, pengeluaran serta posisi stok terakhir untuk masing-masing barang persediaan (atau agunan) di setiap lokasi gudang.

  3.  Project Investment Monitoring
    Pemeriksaan berkala terhadap kemajuan suatu proyek investasi.

  4.  Jasa Terkait Resi Gudang
    Sistem Resi Gudang adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan dan penjaminan dan penyelesaian transaksi Resi Gudang. Resi Gudang merupakan bukti kepemilikan Barang yang disimpan di Gudang yang diterbitkan oleh Pengelola Gudang yang telah mendapat persetujuan dari BAPPEBTI. Resi Gudang dapat menjadi agunan/jaminan fasilitas kredit kepada Lembaga keuangan, baik perbankan maupun bukan bank.

Jika SuperSCI ingin mengembangkan bisnis dengan keterbatasan modal dan ingin mengetahui apa itu JMA lebih detail, SuperSCI dapat menghubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut. SUCOFINDO Cabang Cilacap didukung dengan personil yang profesional dan berpengalaman di bidang Manajemen Agunan siap menjadi pihak kepercayaan anda sebagai mitra dalam pengembangan bisnis anda.

Hubungi kami melalui Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!