Temukan Sumber Cadangan Migas dengan Survei Seismik

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:40


Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon kompleks yang terbentuk dari hasil pelapukan (dekomposisi) berbagai macam sisa organisme selama berjuta-juta tahun lamanya. Senyawa Hidrokarbon ini bisa berupa fasa gas dan fasa cair. Fasa gas biasa kita kenal dengan gas alam, gas alam cair dan gas terkompres. Sedangkan, pada fasa cair berupa minyak mentah (crude oil) dengan produk turunannya mulai dari BBM, aspal, petrokimia, dan lain-lain.

Minyak bumi adalah energi yang tidak dapat diperbaharui atau dengan kata lain energi ini akan habis. Selain itu dalam pencarian dan pemrosesan minyak bumi hingga dapat digunakan membutuhkan biaya dan resiko yang tinggi.

Produksi Minyak dan Gas Bumi 2017 - 2021
Sumber: Laporan kinerja Kementerian ESDM tahun 2021

Pencarian minyak bumi terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

1.   Eksplorasi, yaitu kegiatan untuk mencari cadangan minyak bumi di dalam bumi. Aktivitas eksplorasi meliputi studi geologi & geofisika, survei seismik dan pengeboran eksplorasi (wildcat well).

2.   Eksploitasi, adalah tahapan penentuan dan bagaimana teknis cara mengangkat minyak bumi dari dalam bumi ke permukaan bumi atau pada fasilitas yang telah ditentukan. Pada tahapan ini dilakukan aktivitas pengeboran.

3.   Produksi, adalah tahapan melakukan rencana pembuatan fasilitas di permukaan serta dilakukannya pemisahan antara fasa gas, hidrokarbon dan air. Pada fasa ini biasa dikenal dengan fasilitas produksi, pemisahan fasa tersebut untuk selanjutnya didistribusikan menggunakan pipa, kapal tanker dan/atau moda lainnya ke fasilitas pengolahan.

Nah SuperSCI, salah satu aktivitas yang sangat menentukan dalam penentuan cadangan Migas adalah survei seismik. Prinsip kerja seismik yaitu dengan mencatat pantulan/respon getaran dari formasi tanah pada kedalaman tertentu. Proses pembentukan getaran dengan memberikan ledakan menggunakan alat peledak (dinamit) yang ditanam pada kedalaman tertentu. Jadi formasi yang sama akan memberikan respon yang sama dari sebuah gangguan/getaran, sehingga respon inilah yang ditangkap oleh alat sensor.

 Ada 3 tahapan dalam aktivitas seismik ini, yaitu:

  1. Data akuisisi/pengambilan data lapangan

  2. Pengolahan data lapangan, dan

  3. Data interpretasi/analisis hasil

Sucofindo yang didukung oleh personil yang berpengalaman dan peralatan berteknologi tinggi mampu menjadi bagian dari tim eksplorasi untuk memastikan cadangan Migas baik itu di darat dan transisi.

Ruang lingkup pekerjaan Survei Seismik kami adalah:

  • Survei Topografi;

  • Pemboran;

  • Pre Loading;

  • Perekaman Data Seismik;

  • Pemrosesan Data Seismik Lapangan;

  • Pengolahan Data Seismik (Processing Center).

Butuh jasa Survei Seismik? Percayakan hanya pada Sucofindo! Hubungi kami melalui Whatsapp (08118910222) atau klik gambar di bawah ini!