SUCOFINDO Raih 25 Penghargaan K3 2022 dari KEMENAKER RI

Sabtu, 28 Mei 2022 | 16:05


Jakarta, (24/5) – PT SUCOFINDO meraih 25 penghargaan dalam ajang Penganugerahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI.

Sebanyak 25 Penghargaan ini diraih untuk 16 lokasi kerja PT SUCOFINDO,  terdiri atas 8 untuk kategori Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), 10 untuk kategori Penghargaan Zero Accident, dan 7 pada kategori Pencegahan dan Penanggulangan (P2) Covid-19. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah secara simbolis.

Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bentuk apresiasi KEMENAKER kepada perusahaan yang telah menerapkan K3 dengan baik. “Kegiatan hari ini adalah upaya Kemenaker dalam mengampanyekan K3 dengan memberikan apresiasi berupa Penghargaan K3 kepada pihak yang telah berhasil mencapai kecelakaan nihil, penerapan SMK3, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, serta pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja,” kata Ida.

Selanjutnya, Ida menuturkan bahwa perusahaan perlu melaksanakan audit serta memiliki sertifikat SMK3 dari pihak eskternal. Hal ini untuk meningkatkan efektivitas perlindungan K3 secara terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi dengan sistem yang ada di perusahaan.  

Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyampaikan bahwa penghargaan ini bentuk pencapaian PT SUCOFINDO yang terbukti mengutamakan aspek K3 di tiap proses bisnis. “Ke depannya kami akan terus menjaga amanah ini dan berkomitmen meningkatkan implementasi K3 di berbagai lini pekerjaan dan di seluruh titik lokasi PT SUCOFINDO, yaitu 28 Cabang, 38 Unit Layanan, dan 54 Laboratorium,” ujar Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Mas Wigrantoro menambahkan dalam mendukung implementasi K3 di lingkungan kerja, PT SUCOFINDO telah membentuk aksi cepat tanggap menangani Covid-19 melalui pembentukan tim ERT (Emergency Response Team). Selain itu, untuk penanganan khusus K3, telah membentuk Unit Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L).

Selaras dengan Mas Wigrantoro, Kepala PT SUCOFINDO Cabang Banjamasin Wiroso Dadi, yang turut mendapat apresiasi dalam penghargaan K3 2022 menyampaikan, “Selain mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan peduli mengingatkan antar sesama, juga diperlukan secara konsisten menginspeksi, supervisi, serta menindaklanjuti temuan audit internal dan eksternal terkait SMK3. Hal inilah yang kami terapkan di SUCOFINDO Cabang Banjarmasin,” ujar Wiroso.

PT SUCOFINDO merupakan Badan Audit pertama yang ditunjuk Kemenaker RI sebagai Badan Audit SMK3 sejak tahun 1996, dan telah melakukan audit SMK3 selama lebih dari 20 tahun di berbagai sektor industri, lembaga pemerintahan, pertambangan, dan sejumlah industri lainnya. “Kami siap mendukung upaya pemerintah untuk terus membantu perusahaan-perusahaan menerapkan SMK3 di lingkungan kerja, melalui pelaksanaan audit dan sertifikasi SMK3,” tutup Mas Wigrantoro.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id