Kunjungan JETRO ke PT SUCOFINDO: Penguatan Sinergi Bilateral dan Pengenalan Jasa TIC

Jumat, 27 Mei 2022 | 14:20


Jakarta (24/5)- PT SUCOFINDO menerima kunjungan Japan External Trade Organization (JETRO) di Kantor Pusat PT SUCOFINDO, Jakarta (24/5). Kunjungan ini sebagai upaya menjalin kerja sama bilateral antara Indonesia dan Jepang, dan mengenalkan potensi bisnis kedua belah pihak khususnya untuk jasa Testing, Inspection, and Certification (TIC), serta Konsultansi dan Pelatihan.

“Kolaborasi yang dilakukan dengan PT SUCOFINDO merupakan implementasi kerja sama bilateral Indonesia dan Jepang. Di mana terdapat lebih dari 1.500 perusahaan Jepang, yang beroperasi di Indonesia, memerlukan jasa pemastian, dan diharapkan mampu menghasilkan produk atau jasa yang bernilai. Oleh karena itu, sebagai lembaga yang dipercaya untuk mendukung promosi dan investasi Jepang, JETRO hadir untuk menjembatani informasi tersebut melalui kegiatan rutin web seminar bersama dengan SUCOFINDO,” ujar President Director of Jetro Takahashi Masakazu.

Sebelumnya, JETRO dan SUCOFINDO telah melakukan berbagai kegiatan bersama yang berfokus pada edukasi jasa SUCOFINDO. Kegiatan tersebut adalah 8 webinar dengan tema Kesehatan, Pengujian Keselamatan,  dan Lingkungan (K3L), Standar Nasional Indonesia, Barang Modal Tidak Baru (BMTB), Halal, dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Peserta webinar diikuti oleh pelaku usaha di Asia, khususnya Jepang, serta turut dihadiri oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi juga turut memperkenalkan potensi kolaborasi melalui jasa SUCOFINDO. “Kami mengapresiasi JETRO atas kesempatan yang diberikan kepada PT SUCOFINDO untuk memperkenalkan jasa kepada pelaku usaha asing. Kami harap dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan awareness pelaku usaha dalam mematuhi regulasi, yang telah ditetapkan di Indonesia. Selain itu, kami dapat melakukan berbagai jasa untuk membantu JETRO, seperti jasa lingkungan, keamanan pangan, serta jasa lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis,” tutur Mas Wigrantoro.

Selanjutnya, JETRO turut berkesempatan mengikuti tur Laboratorium SUCOFINDO di Cibitung. “Kami melihat kapasitas yang memadai dari laboratorium PT SUCOFINDO dalam melakukan berbagai pengujian. Semoga hubungan yang telah terjalin dengan PT SUCOFINDO dapat terus terjaga dan ditingkatkan di berbagai bidang, sehingga pelaku usaha, yang merupakan anggota JETRO, dapat mengakses berbagai layanan yang diberikan PT SUCOFINDO,” tutup Takahashi Masakazu.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, President Director of Japan External Trade Organization (JETRO), Takahashi Masakazu, EPA Trade / Investment Advisor of Japan External Trade Organization, Nakazawa Minoru, dan manajemen PT SUCOFINDO dan JETRO.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, sertifikasi, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id