Dukung Penggunaan Produk dalam Negeri, IDSurvey Layani Verifikasi TKDN untuk Pelaku Usaha

Minggu, 01 Mei 2022 | 15:26


Surabaya, 27/4 – Holding BUMN Jasa Survei (HJS) atau IDSurvey mendukung penuh Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). “Dalam mendorong Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri. IDSurvey memiliki layanan jasa sebagai Verifikator untuk sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui PT Surveyor Indonesia dan PT SUCOFINDO,” kata Direktur Operasi PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Mohamad Cholil. Dukungan ini pun sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Cholil menambahkan bahwa PT Surveyor Indonesia dan PT SUCOFINDO dilengkapi infrastruktur, auditor yang terakreditasi, serta pengalaman yang mumpuni untuk melayani jasa verifikasi TKDN. “PT Surveyor Indonesia dan PT SUCOFINDO juga telah ditunjuk oleh Kementerian Perindustrian sebagai lembaga surveyor dan verifikator TKDN,” kata Cholil.

Penunjukkan ini berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No 57/M-IND/PER/7/2006 Tentang Penunjukan Surveyor Sebagai Pelaksana Verifikasi Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri. “Kedepannya kami akan terus menjaga komitmen ini dan menjalankan penugasan pemerintah, khususnya merealisasikan P3DN. Oleh karena itu, pada momen safari Ramadan di PT SUCOFINDO kantor Cabang Surabaya, kami juga menyerahkan sertifikat TKDN yang telah diterbitkan oleh Kemenperin kepada pelaku usaha,” kata Cholil.

Penyerahan sertifikat TKDN ini diserahkan oleh Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya dan Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas yang turut didampingi oleh Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono, dan Direktur Operasi  PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), Mohamad Cholil, kepada 2 pelaku usaha di Surabaya, yaitu UD. Steven foundry dan CV Yupi Fyberglass.

“Peran TKDN sangat vital karena mampu meningkatkan utilitas aset-aset terutama untuk industri dalam negeri.  Pengerjaan TKDN PT Surveyor Indonesia bersama PT SUCOFINDO berperan dalam melakukan audit untuk kepentingan lelang, pengadaan barang dan jasa, serta konsultansi,” ujar Haris.

Haris menambahkan sebagai implementasi komitmen atas P3DN, IDSurvey telah melakukan verifikasi sebanyak 632 pelaku usaha pada periode Januari – April 2022. “Kami akan terus mendukung dan merealisasikan target Kementerian Perindustrian untuk mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN di tahun 2022,” kata Haris

Selanjutnya, Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas mengatakan bahwa SUCOFINDO siap membantu PT Surveyor Indonesia dalam menjalankan penugasan pemerintah untuk melakukan verifikasi TKDN terhadap barang dan jasa, sehingga produk lokal kian kompetitif dan mampu bersaing dengan produk impor. “SUCOFINDO juga dapat membantu Kementerian Perindustrian dalam mensosialisasikan program TKDN kepada pelaku usaha, juga memberikan bimbingan (coaching clinic) mengenai perhitungan TKDN,” kata Darwin.

Darwin menjelaskan bahwa pengajuan sertifikasi TKDN melalui beberapa lapis tahapan. “Pertama, pelaku usaha dapat menghubungi lembaga Surveyor Independen, PT SUCOFINDO atau PT Surveyor Indonesia. Kemudian, Perusahaan perlu menyiapkan dokumen legalitas perusahaan, yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Industri (IUI)  yang masih berlaku atau pengajuan IUI melalui Online Single Submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah berlaku efektif untuk tahap pengajuan. Selanjutnya, lembaga surveyor akan melakukan site visit dan menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku atau material yang digunakan, tenaga kerja (langsung dan tidak langsung). Selanjutnya, kami memberikan laporan verifikasi, yang kemudian disetujui dan sertifikat dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian,” kata Darwin.

 

Tentang Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI adalah BUMN yang bergerak dalam bidang pemeriksaan berupa klasifikasi dan statutoria bangunan terapung, serta inspeksi umum.

 

BKI mengklasifikasi dan mensertifikasi lebih dari dua belas ribu kapal berbendera Indonesia serta bendera asing lainnya. Dalam bidang inspeksi umum, BKI memiliki portofolio utama dalam bidang Energi, Industri, Marine, Offshore, Pemerintahan dan secara konsisten memberikan jasa pelatihan yang berupa pengembangan pengetahuan maupun kompetensi.

BKI memiliki jaringan layanan 36 cabang di seluruh Indonesia dan Singapura, serta menjalin kerjasama dengan partner luar negeri dalam memberikan jangkauan layanan yang lebih luas.  

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 

Tentang Surveyor Indonesia

PT Surveyor Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1991. Pada awalnya misi kami adalah untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia dari seluruh dunia melalui jasa pemeriksaan pra-pengapalan yang bertaraf internasional.

Layanan independent assurance kami fokuskan pada empat sektor yaitu: Penguatan Institusi Kelembagaan, Infrastruktur, Mineral dan Batubara, Migas dan Sistem Pembangkit. Untuk melaksanakan kegiatan Independent Assurance, kami diakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025 untuk kegiatan Inspeksi dan pengujian laboratorium. Sistem manajemen kami sudah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan OHSAS 18001 serta SMK3 yang didukung tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu serta dukungan kerjasama dari berbagai Lembaga Nasional dan Internasional.

 

Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta dan patner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi dan ketahanan pangan. Mitra tidak hanya sebatas pelanggan ketika bekerja sama, tetapi sebagai rekan bisnis berkelanjutan dalam hubungan jangka panjang.

                                   

 

 

 

 

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

Misbahun Aidy

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon        : +62 21 4301017

Faksimili       : +62 21 4390 1973

Email           : crc@bki.co.id

Informasi ini tersedia di http://www.bki.co.id/

 

PT SUCOFINDO

Dita Adaninggar

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon        : +62 21 798 3666

Faksimili       : +62 21 798 3888

Email           : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

 

PT SURVEYOR INDONESIA

David Januardi

Sekretaris Perusahaan

PT Surveyor Indonesia

Email  : surveyorindonesia@ptsi.co.id

Telp   : (62-21) 526-5526 ext. 253

Fax    : (62-21) 526-553

Informasi ini tersedia di www.ptsi.co.id