Sucofindo Siap Dukung Kewajiban Sertifikasi Halal Tahap Kedua

Kamis, 28 April 2022 | 08:31


JAKARTA, (27/4) PT SUCOFINDO mendukung kewajiban bersertifikat halal tahap kedua yang dimulai pada 17 Oktober 2021 sesuai dengan PP No. 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaran Bidang Jaminan Produk Halal.

“Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) SUCOFINDO siap untuk memberikan kontribusi sesuai dengan perannya, terutama dalam melayani sertifikasi halal wajib tahap kedua. Dalam hal ini, SUCOFINDO memiliki infrastruktur yang sangat lengkap, antara lain fasilitas laboratorium pengujian halal yang terakreditasi, peralatan uji halal yang mumpuni dan didukung dengan teknologi Droplet Digital PCR, serta dilengkapi kualitas auditor halal yang telah tersertifikasi dan kompeten di bidangnya,” tutur Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Selain itu, PT SUCOFINDO juga memiliki titik layanan yang tersebar di 28 kantor cabang, 38 unit layanan dan 75 laboratorium komoditas dan teknik di seluruh Indonesia. “Oleh karena itu, kami siap melayani pelaku usaha terkait kewajiban bersertifikat halal tahap kedua,” kata Mas Wigrantoro.

Tahap kedua ini adalah sertifikasi untuk obat tradisional, produk kimiawi, obat bebas, kosmetik, obat keras non psikotropika, dan barang gunaan. “Sebelumnya, SUCOFINDO telah melayani pemeriksaan kehalalan produk wajib sertifikat halal tahap pertama, yaitu makanan, minuman, hasil sembelihan, dan jasa penyembelihan,” kata Mas Wigrantoro.

Mas Wigrantoro mengatakan, bahwa dengan Sertifikasi Halal ini diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi Nasional. Produk dalam negeri yang telah mendapatkan sertifikat halal diharapkan dapat lebih dipilih oleh konsumen karena telah memberikan kepastian kehalalan baik pasar dalam negeri maupun ekspor.

Komitmen ini juga disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi pada momentum penyerahan sertifikat halal untuk pelaku usaha dalam rangkaian safari Ramadan di Laboratorium Sentral PT SUCOFINDO di Cibitung (22/2).

Sebelumnya, pelaku usaha, PT The Barbeque Plaza dan Anita Kue, telah diaudit LPH PT SUCOFINDO untuk kemudian sertifikat halal diterbitkan oleh BPJPH dan berlaku selama 4 tahun.

PT SUCOFINDO telah ditetapkan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) melalui Surat Keputusan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Nomor 117 Tahun 2020 yang berlaku mulai 19 Oktober 2020.  LPH SUCOFINDO memiliki layanan jasa Sertifikasi Produk Halal khusus kegiatan Pemeriksaan Kehalalan Produk mengacu Undang-Undang nomor 33 tahun 2014, Layanan Pelatihan Industri Halal, dan Layanan Sertifikasi Sistem Manajemen Halal berdasarkan SNI 99001:2016. 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO saat ini tergabung menjadi bagian holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai induk, serta PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id