Sucofindo Dukung Pemerintah dalam Penguatan Data & Pemetaan Pasar atas Ekosistem Halal

Kamis, 28 April 2022 | 08:24


JAKARTA, 25 April 2022 – PT SUCOFINDO bersama Pemerintah Kota, yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), mendorong penguatan data dan pemetaan pasar atas ekosistem halal. Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam dalam Webinar Friday's Halal Talk: Pembangunan Industri Halal di Kota dan Kabupaten, Jumat (22/4/2022). “Penguatan dan pemetaan pasar ini dilakukan baik untuk industri maupun produknya, sehingga kota-kota di Tanah Air dapat mengembangkan potensi halal secara berkelanjutan sehingga sesuai target Presiden, Indonesia dapat menjadi Pusat Industri Halal Dunia pada tahun 2024,” kata Alwis.

Alwis menuturkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi negara dengan konsumsi terbesar produk halal. “Namun, sebagian besar produk-produk konsumsi masih diimpor. Kita pun belum mengoptimalkan ekspor. Jadi, kami berharap semua dapat bergerak dalam mendorong ekspor dan substitusi penggunaan produk lokal. Tidak hanya masyarakat Muslim, warga dunia juga cenderung menyukai produk bersertifikat halal karena ada jaminan lebih bersih dan higienis,” ujar Alwis.

Selanjutnya, Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas menyampaikan bahwa potensi pasar produk halal Indonesia cukup besar. Hal ini berdasarkan Laporan Pasar Halal Indonesia 2021, belanja konsumen Indonesia pada 2020 sebesar US$ 184 miliar, menjadi pasar konsumen halal terbesar di dunia.

"Ke depan Indonesia tidak hanya sebagai pasar terbesar produk halal di dunia, tetapi juga berpotensi menjadi produsen terbesar produk halal. Tentu ini menjadi tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan peran Indonesia menjadi produsen terbesar produk halal di dunia," ujar Darwin.

Darwin menambahkan, strategi untuk meningkatkan peran Indonesia sebagai produsen produk halal, dengan mengurangi impor dan meningkatkan penggunaan produk substitusi dalam negeri. Di sisi lain, pasar ekspor produk makanan halal Indonesia perlu terus didorong.

Kemudian terkait dengan peluang industri Halal di Indonesia, Prof. Sukoso, Guru Besar Universitas Brawijaya yang juga merupakan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Periode 2017-2021, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk Muslim terbesar di dunia. Oleh sebab itu, ke depan Sukoso berharap Indonesia tak hanya jadi konsumen, tetapi menjadi produsen produk halal. “Apalagi, produk halal menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat dunia. Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki UU perlindungan produk halal terhadap konsumennya, yaitu UU Jaminan Produk Halal," tuturnya. Oleh karena itu, Sukoso berharap bahwa data dan peta pasar perlu terus diperkuat untuk mencapai visi bersama dalam mewujudkan ekosistem halal, termasuk salah satunya adalah Pariwisata Halal.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi. SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id