Sambut Ramadan, IDSurvey Mulai Rangkaian Penguatan Koordinasi dan Silaturahmi Ramadan 1443 H di Batam

Senin, 11 April 2022 | 11:41


Batam (7/4) – PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia sebagai tiga perusahaan anggota IDSurvey lakukan penguatan koordinasi sekaligus silaturahmi  IDSurvey dalam Rangkaian Safari Ramadan 1443 H yang diawali di Batam pada Kamis, 7 April 2022. Kegiatan dihadiri oleh Direktur Utama PT BKI (Persero), Rudiyanto, Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono, serta seluruh Kepala Cabang Regional Sumatera dari ketiga perusahaan.

Kegiatan yang bertempat di kantor PT BKI (Persero) Cabang Batam ini diawali dengan koordinasi wilayah Sumatera yang dipimpin oleh ketiga Direktur Utama. Pada kesempatan ini, Direktur Utama PT BKI (Persero), Rudiyanto menyampaikan pentingnya akulturasi di tiga perusahaan.

“Kita adalah keluarga besar dari Holding Jasa Survei, sehingga diharapkan terjadi proses akulturasi antara 3 perusahaan. Harapannya setelah kegiatan silaturahmi dan koordinasi ini, proses akulturasi tersebut dapat disebarkan ke seluruh karyawan PT BKI (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia.” Tegasnya.

Direktur Utama PT BKI (Persero) yang juga bertindak sebagai lead dari IDSurvey yakin bahwa komunikasi antar entitas di setiap wilayah akan menjadi kekuatan untuk menyukseskan visi dan misi dari IDSurvey.

“Di rangkaian pertemuan IDSurvey yang disertai dengan Safari Ramadan di Wilayah Sumatera ini, diharapkan IDSurvey (akan menjadi) lebih baik dalam berkomunikasi (antar entitas BKI, SUCOFINDO, dan Surveyor Indonesia) yang tujuannya adalah satu kebersamaan dalam sebuah Holding.” Tutup Rudiyanto.

Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan bahwa kegiatan Safari Ramadan IDSurvey ini mampu memperkuat kolaborasi antar pegawai Holding BUMN Jasa Survei (HJS)/IDSurvey, khususnya di wilayah Sumatera.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan rangkaian Safari Ramadan IDSurvey, membuat kolaborasi HJS semakin solid sehingga mampu menciptakan nilai tambah, efisiensi, penguatan rantai pasokan, hingga inovasi bisnis model, sehingga kian kompetitif dan mampu bersaing tidak hanya di dalam negeri tetapi secara gobal,” ujar Mas Wigrantoro.

Selain itu, kolaborasi yang solid ini diharapkan mampu merealisasikan visi IDSurvey, yaitu menjadi World Class Integrated Assurance Group, Empowering The Nation by Building Trust.  “Kami optimis dengan adanya Holding BUMN Jasa Survei mampu menjadikan sebagai top 5 market leader di Asia Pasifik,” tambah Mas Wigrantoro.

Sejalan dengan pesan dari Rudiyanto, Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono menyampaikan pentingnya kolaborasi dan kebersamaan dalam mendukung kemajuan bersama IDSurvey.

“Kolaborasi tiga perusahaan yang telah berjalan dalam bendera IDSurvey ini, antara lain di sektor hulu dan hilir migas, energi, mineral dan batubara,” ujar Haris.

"Ke depan, diharapkan kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan dan berkembang di sektor-sektor lainnya demi kemajuan bersama IDSurvey,” tutupnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustadz Asep Rabbani dan santunan bagi anak yatim piatu berserta pengurus dari Panti asuhan Al Mukarramah, Pesantren Miftahurrabbani, Yayasan Al Anwari Indonesia, Panti asuhan Ridho Ilahi Yayasan Rahmatullah, dan Panti Asuhan Farhan Farouq yang secara seremonial diserahkan oleh Direktur Utama dari ketiga perusahaan, sebelum ditutup dengan kegiatan berbuka puasa bersama.

Kegiatan Koordinasi dan Safari Ramadan ini sendiri akan digelar di 5 kota dan melibatkan cabang-cabang di seluruh wilayah kerja IDSurvey sebagai bentuk penguatan silaturahmi dan kolaborasi antara PT BKI (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia.

Diharapkan melalui kegiatan ini, IDSurvey dapat mengukuhkan konsolidasi di seluruh wilayah kerja IDSurvey di seluruh Indonesia, dapat mengkoordinasikan jasa serta layanan sebagai pemimpin nasional di industri Testing, Inspection, Certification, Classification, and Statutory, serta mampu menjadi momentum bagi upaya bersama dalam mengembangkan kekuatan Indonesia di pasar global.   

 

Tentang Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau dikenal dengan BKI adalah BUMN yang bergerak dalam bidang pemeriksaan berupa klasifikasi dan statutoria bangunan terapung, serta inspeksi umum.

BKI mengklasifikasi dan mensertifikasi lebih dari dua belas ribu kapal berbendera Indonesia serta bendera asing lainnya. Dalam bidang inspeksi umum, BKI memiliki portofolio utama dalam bidang Energi, Industri, Marine, Offshore, Pemerintahan dan secara konsisten memberikan jasa pelatihan yang berupa pengembangan pengetahuan maupun kompetensi.

BKI memiliki jaringan layanan 36 cabang di seluruh Indonesia dan Singapura, serta menjalin kerjasama dengan partner luar negeri dalam memberikan jangkauan layanan yang lebih luas.  

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan dan 75 laboratorium yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 

Tentang SURVEYOR INDONESIA

PT Surveyor Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1991. Pada awalnya misi kami adalah untuk membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia dari seluruh dunia melalui jasa pemeriksaan pra-pengapalan yang bertaraf internasional.

Layanan independent assurance kami fokuskan pada empat sektor yaitu: Penguatan Institusi Kelembagaan, Infrastruktur, Mineral dan Batubara, Migas dan Sistem Pembangkit. Untuk melaksanakan kegiatan Independent Assurance, kami diakreditasi ISO 17020 dan ISO 17025 untuk kegiatan Inspeksi dan pengujian laboratorium. Sistem manajemen kami sudah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan OHSAS 18001 serta SMK3 yang didukung tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu serta dukungan kerjasama dari berbagai Lembaga Nasional dan Internasional.

Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta dan patner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi dan ketahanan pangan. Mitra tidak hanya sebatas pelanggan ketika bekerja sama, tetapi sebagai rekan bisnis berkelanjutan dalam hubungan jangka panjang.