SUCOFINDO Berhasil Meraih 2 Penghargaan TOP CSR Awards 2022

Minggu, 03 April 2022 | 13:28


Jakarta, 30 Maret 2022 – PT SUCOFINDO, bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, meraih penghargaan Top CSR Awards 2022 Level Bintang Lima (#5) yang dinilai mampu menjalankan dengan baik Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR).

Tak hanya itu, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi selaku Direktur Utama SUCOFINDO juga mendapatkan apresiasi dan mendapatkan penghargaan Top Leader on CSR karena dinilai berhasil menjalankan program inisiatif CSR.

Penghargaan Top CSR Awards 2022 terselenggara setiap tahun oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi GRC Indonesia, Corebest (lembaga konsultan dan pelatihan CSR), Lembaga Kajian Nawacita (LKN), Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro, PT Sinergi Daya Prima sebagai konsultan GCG, SGL Management (konsultan manajemen dan bisnis), dan Solusi Kinerja Bisnis (SKB). Penghargaan tahun ini mengusung tema Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustainable Growth (Menjadi Perusahaan yang Bertanggung Jawab adalah Kunci Strategi untuk Pertumbuhan Bisnis yang Berkelanjutan) digelar di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Direktur Utama PT SUCOFINDO Mas Wigrantoro menyampaikan bahwa penghargaan yang diraih SUCOFINDO merupakan hasil kerja keras seluruh insan SUCOFINDO, terutama dalam merancang program CSR dan kemudian mengimplementasikannya dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi seluruh pihak.

Dia menjelaskan, SUCOFINDO sebagai perusahaan Testing, Inspection, Certification (TIC) berkomitmen dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai salah satu nilai keberadaan perusahaan untuk semua pemangku kepentingan yang telah mendukung pertumbuhan SUCOFINDO.

“Penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh insan SUCOFINDO yang terus berinovasi dan menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan. Pelaksanaan CSR merupakan bentuk dukungan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup aspek ekonomi, lingkungan, dan social,” tutur Mas Wigrantoro, Kamis (31/3/2022).

Dia menegaskan bahwa program CSR menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam operasional SUCOFINDO. SUCOFINDO meyakini upaya keberlanjutan sosial menjadi bagian penting untuk mendukung kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, Mas Wigrantoro menuturkan bahwa SUCOFINDO pun memiliki konsep Creating Shared Value (CSV) dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan.

DIIKUTI 850 PERUSAHAAN

Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2022 M. Lutfi Handayani menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 850 perusahaan di Indonesia, sebanyak 200 perusahaan yang mengikuti penilaian. Top CSR Awards bukan sekadar kegiatan penilaian dan pemberian perhargaan semata, tetapi banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan.

Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2022 Mas Achmad Daniri menjelaskan proses penilaian dan penjurian Top CSR Awards 2022 yang diklasifikasikan dalam lima tingkatan Level Bintang berdasarkan sejumlah kriteria.

Pertama, adalah bagaimana tingkat Keselarasan CSR dengan strategi bisnis melalui pendekatan CSV (Creating Shared Value). Kedua, bentuk program CSR unggulan di masa Covid-19. Ketiga, sejauh mana CSR perusahaan sudah mengadopsi ISO 26000 tentang TJSL. Keempat, bagaimana kebijakan dan sistem tata kelola CSR. Kelima, perumusan dan pelaksanaan kebijakan bisnis dan CSR perusahaan secara win-win melalui penciptaan nilai manfaat bersama termasuk manfaat terhadap keberlanjutan bisnis perusahaan.

Daniri menjelaskan beberapa temuan penting selama proses penilaian dan penjurian Top CSR Awards 2022 salah satunya semakin banyak program CSR perusahaan-perusahaan yang selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Selain itu, sebagian besar perusahaan sudah banyak menjalankan CSR, yang tidak hanya berfokus pada pengembangan dan pelibatan masyarakat, tetapi selaras dan relevan dengan tujuh subyek inti ISO 26000.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon