Sucofindo Dukung Layanan TIC untuk Sektor Pertambangan di Morowali, Sulawesi Tengah

Selasa, 22 Maret 2022 | 13:01


Morowali (18/03), Dalam rangka mendukung layanan Testing, Inspection dan Certification (TIC) untuk mewujudkan tata kelola baik dan bertanggung jawab pada sektor Pertambangan, Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas, mengunjungi unit pelayanan Morowali, Sulawesi Tengah. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pertemuan dengan pelaku industri pertambangan untuk berdiskusi agar pelayanan kepada pelanggan terus dapat ditingkatkan. Kunjungan ini turut dihadiri Kepala Hanggar Bea Cukai Kabupaten Morowali, Darham dan Pitoyo Tri Nugroho, Kepala Kecamatan Bahodopi, Tahir serta pelaku usaha pertambangan.

Kami berterimakasih atas kepercayaan pelaku usaha tambang di Morowali kepada PT SUCOFINDO. Untuk itu kami terus akan meningkatkan kualitas pelayanan dan tidak hanya fokus pada jasa Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi pertambangan, namun juga akan terus mendukung pelaku usaha pertambangan mulai dari proses sampling, monitoring lingkungan hingga verifikasi ekspor produk barang tambang yang sudah merupakan olahan peleburan atau smelter serta jasa TIC terkait aspek pendukung pertambangan” jelas Darwin.

Unit pelayanan SUCOFINDO yang berada di kabupaten Morowali telah beroperasi sejak 2020 untuk memenuhi kebutuhan akan layanan jasa Inspeksi, Audit, Pengujian, Analisis, Sertifikasi, Konsultansi dan Pelatihan di Kabupaten Morowali yang merupakan salah satu daerah penghasil Nikel terbesar di Indonesia.

Sementara itu, salah satu perwakilan pelaku Usaha pertambangan PT Hengjaya Mineralindo, Ashabul Yamin mengungkapkan Sejauh ini kerjasama yang dibangun bersama PT SUCOFINDO sudah sangat baik, kebutuhan perusahaan kami bisa difasilitasi dan pelayanan yang lengkap seperti pada pekerjaan inspeksi Nikel Ore dan kalibrasi peralatan dan sertifikasi peralatan industri”. Selaras dengan hal tersebut Tahir mengungkapkan bahwa hadirnya SUCOFINDO bisa memberi manfaat bagi masyarakat Morowali khususnya di Bahodopi dalam membuka lapangan kerja.

Kehadiran titik layanan di Morowali merupakan langkah strategis yang sejalan dengan layanan Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey. PT SUCOFINDO sebagai salah satu anggota, fokus dalam menyediakan jasa Pengujian, Inspeksi dan Sertifikasi pada sektor pertambangan untuk mewujudkan tata kelola pertambangan yang baik.  Tentu saja hal ini juga akan memberikan kontribusi terhadap Sustainability Development Goals terkait Responsible Consumption”, dimana pada tahun 2030 diharapkan telah tercapai pengelolaan hasil alam yang berkelanjutan dan efisien secara global.

Unit Pelayanan Morowali ini merupakan salah satu titik layanan PT SUCOFINDO dari 80 titik yang tersebar di Indonesia yang melayani jasa TIC di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id