4 Alat ini Wajib Kalibrasi! Peralatanmu sudah belum?

Kamis, 10 Maret 2022 | 16:38


Halo SuperSCI, kalian sudah paham belum tentang pengujian dan atau kalibrasi alat kesehatan? Hal ini telah diatur di Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 45 tahun 2015 lho! Pengujian dan/atau kalibrasi alat kesehatan secara berkala perlu dilakukan untuk menjamin alat kesehatan sesuai standar pelayanan, persyaratan mutu, keamanan manfaat, keselamatan laik pakai.

Tidak semua alat kesehatan yang biasa kita temukan perlu dikalibrasi, namun beberapa alat yang merupakan alat ukur  wajib dikalibrasi agar keakuratan hasil ukurnya dapat dipertanggungjawabkan.

Alat apa saja sih yang wajib dikalibrasi? Yuk, simak bersama!

Sumber: free3d.com

1. Infant Incubator
Infant Incubator atau biasa disebut Inkubator Bayi merupakan alat elektromedik yang digunakan untuk perlindungan bayi yang lahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah. Alat ini dapat memberikan suhu dan kelembaban yang stabil sesuai dengan kebutuhan oksigen bayi sesuai dengan kondisi dalam kandungan. Alat ini akan dikalibrasi menggunakan Incu Analyzer yang bertujuan untuk mengecek keakuratan suhu pada Infant Incubator.

Sumber: istockphoto.com

2. Infant Warmer

Kalibrasi yang dilakukan pada Infant Warmer menggunakan alat yang sama seperti Infant Incubator. Infant Warmer sendiri merupakan alat yang digunakan sebagai penghangat bayi yang baru lahir atau bayi yang terlahir secara prematur untuk menjaga suhu bayi atau mencegah hipotermia pada bayi. Kegiatan kalibrasi menggunakan Incu Analyzer bertujuan untuk memastikan keakuratan suhu pada Infant Warmer.

Sumber: vitalsignstech.com

3. Pasien Monitor

Alat ini pastinya sudah tidak asing lagi ditemukan di rumah sakit. Ternyata, alat ini perlu dikalibrasi agar EKG dan SpO2 (saturasi oksigen) yang ditampilkan akurat. Dengan itu, dibutuhkannya alat seperti Prosim Vital Signs dan SpO2 Functional Tester untuk membantu memastikan bahwa Pasien Monitor bekerja dengan baik.

Sumber: pixelsquid.com

4. USG (Ultrasonografi)

USG biasa digunakan untuk mendeteksi penyakit dalam atau memeriksa kondisi janin. Alat ini membantu tenaga medis atau pasien dalam melihat organ dalam tubuh. Kalibrasi pada alat ini sangat diperlukan dengan menggunakan Phantom USG untuk menguji tingkat keakuratan USG dan memastikan USG berfungsi dengan normal.

Kalibrasi atau pengujian ini sangat penting untuk perusahaan kamu yang bergerak di bidang kesehatan. Kegiatan ini membantu kamu dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pasien dan dapat dipertanggungjawabkan karena alat-alat yang digunakan sudah sesuai dengan mutu.

Yuk, segera hubungi SUCOFINDO karena kami menyediakan jasa kalibrasi dan pengujian alat kesehatan yang telah diakui oleh Kementerian Kesehatan RI. Laboratorium Kalibrasi SUCOFINDO siap melayani kebutuhanmu! Hubungi CS kami melalui Whatsapp (08118910222) untuk info lebih lanjut.