PT Semen Padang Terima Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dari PT SUCOFINDO

Senin, 07 Maret 2022 | 15:55


JAKARTA, 4 Maret 2022 – PT SUCOFINDO menyerahkan Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016 kepada PT Semen Padang sebagai upaya anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. tersebut dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) khususnya dalam proses eradikasi penyuapan dan korupsi.

Sertifikat SNI ISO 37001:2016 diserahkan langsung oleh Direktur Komersial PT SUCOFINDO, Darwin Abas kepada Plt. Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar, Jumat (4/3/2022).

Darwin Abas menjelaskan bahwa PT SUCOFINDO dan PT Semen Padang sudah menjalin kerja sama sejak lama dalam berbagai bidang seperti inspeksi, konsultansi, dan bidang lainnya. Pemberian SMAP SNI ISO 37001:2016 merupakan bentuk kolaborasi yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Banyak hal yang telah dikerjasamakan antara PT Semen Padang dan PT SUCOFINDO. Semoga kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan ke depan dalam bentuk kerja sama lainnya. SUCOFINDO mengucapkan selamat kepada PT Semen Padang yang telah mendapatkan pengakuan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016.

Kami berharap agar sistem yang telah mendapatkan pengakuan dari Badan Sertifikasi ini dapat diimplementasikan oleh PT Semen Padang dengan baik,” ujarnya saat menyerahkan SMAP SNI ISO 37001:2016, Jumat (4/3/2022).

Darwin menuturkan, Standar Sistem Manajemen ISO adalah suatu perangkat untuk memastikan bahwa suatu proses telah berjalan secara konsisten. Standar tersebut selanjutnya diadopsi oleh Indonesia dalam bentuk Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menurutnya, salah satu SNI yang dimiliki Indonesia adalah SNI ISO 37001:2016 yang mengelola Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Penerapan ISO 37001:2016 ini memungkinkan perusahaan/lembaga untuk membuat suatu keputusan yang lebih baik terkait hubungan perusahaan dengan mitra bisnis dan stakeholder terkait lainnya.

Melalui standar ini, perusahaan diharapkan dapat memperoleh pemahaman dan dapat secara proaktif mengelola risiko penyuapan dari hubungan kerja sama tersebut. SNI ISO 37001:2016 merupakan sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan pengelolaan risiko penyuapan.

PT SUCOFINDO merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa inspeksi dan audit, pengujian dan analisa, sertifikasi, konsultansi, dan pelatihan. Sementara itu, PT Semen Padang merupakan BUMN yang bergerak di bidang produksi semen dan bahan baku semen.

MENJADI KEHORAMATAN

Plt. Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengatakan bahwa proses untuk mendapatkan SMAP SNI ISO 37001:2016 telah melalui berbagai tahapan, seperti audit yang dilakukan oleh PT SUCOFINDO.

“Pemberian SMAP SNI ISO 37001:2016 merupakan sebuah kehormatan untuk kita semua sekaligus menjadi tantangan bagi PT Semen Padang untuk mengimplementasikan sertifikat ini dengan baik. Secara tidak langsung dengan sertifikat ini, PT Semen Padang telah mendapatkan pengakuan dalam melaksanakan anti penyuapan, ini pesan yang harus dijawab. Semoga dengan adanya penyerahan sertifikat ini, selain menjadi sebuah penghormatan bagi kita, tentu kita harus bisa mengimplementasikannya dengan baik. Kita bisa mencegah sekaligus tidak melakukan praktik korupsi di lingkungan PT Semen Padang,” tuturnya.

Dia juga mengapresiasi PT SUCOFINDO yang memberikan SMAP SNI ISO 37001:2016 kepada PT Semen Padang. “Tantangan kita bukan saja sekadar menerima sertifikat, tetapi bagaimana bisa bersih. Untuk itu, jadikanlah sertifikat ini sebagai proses improvement di PT Semen Padang untuk menjadikan Semen Padang semakin lebih baik.”

Asri Mukhtar juga berharap agar kerja sama dengan PT SUCOFINDO dalam berbagai bidang dapat terus ditingkatkan ke depan. PT SUCOFINDO dan PT Semen Padang telah menjalin kerja sama bisnis sejak lama dalam berbagai sektor. Kerja sama itu antara lain pengawasan kualitas dan kuantitas batu bara yang masuk dalam stockpile, pengawasan ekspor semen, penjualan semen lokal, penyusunan kajian dan sertifikasi peralatan, serta penyusunan kajian lingkungan dan pengawasan untuk kualitas dan kuantitas gypsum, serta bijih besi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO

Telepon             : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id