PERKUAT LAYANAN TIC UNTUK SEKTOR PERTAMBANGAN dan ENERGI, STRATEGI CAPAI KINERJA DI TAHUN 2022

Rabu, 02 Maret 2022 | 17:51


PT Sucofindo memperkuat layanan Jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) untuk mendukung sektor Pertambangan, Energi, dan Energi Baru Terbarukan di Indonesia. Pada sektor Pertambangan, layanan ini untuk mendukung penerapan Tata Kelola Pertambangan dan untuk sektor energi untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Strategi inisiatif ini ditetapkan SUCOFINDO untuk mencapai kinerja tahun 2022. Hal ini disampaikan Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi pada acara Rapat Pimpinan Nasional PT SUCOFINDO yang diselenggarakan secara hybrid (dalam jaringan/daring dan luring) di Jakarta pada akhir Februari 2022.

Turut hadir sebagai narasumber pada pembukaan Rapimnas tersebut, Dirjen Minerba, Ridwan Djamaluddin dan Qatro Romandhi yang mewakili Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM Republik Indonesia, dengan paparan Tata Kelola Pertambangan dan Arah Pengembangan Energi Baru, Terbarukan (EBT) dan Penerapan Konservasi Energi menuju Transisi Energi.

Qatro mengatakan bahwa Kementerian ESDM memerlukan kerjasama dalam layanan jasa TIC untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan EBT.

Mas Wigrantoro mengatakan, layanan Jasa SUCOFINDO pada sektor pertambangan dan energi adalah untuk mendukung sektor tersebut dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung aksi mitigasi perubahan iklim. Hal ini termasuk layanan jasa TIC pada industri berbasis clean energy dan kawasan industri hijau.

Layanan SUCOFINDO terkait hal tersebut, diantaranya sertifikasi ISO 50001:2018 terkait Sistem Manajemen Energi, Pengelolaan Limbah Terpadu, Verifikasi dan Validasi Gas Rumah Kaca, Lembaga Sertifikasi Produk untuk Produk Hemat Energi (seperti Lampu, AC), dan Audit Energi. Termasuk pada industri pertambangan, Sucofindo memberikan layanan terkait Verifikasi Tata Kelola Pertambangan.

Selain hal tersebut diatas, SUCOFINDO juga mengembangkan layanan jasa baru pada tahun 2022 terkait Verifikasi IMEI di perangkat HKT (Handphone, Komputer, Tablet), Manual Kartu Garansi,  Pengujian Alat Kesehatan untuk Rumah Sakit Kelas B, Teknologi Informasi untuk pemantauan inovasi untuk Peningkatan Penilaian Aspek Sosial.

Selaras dengan strategi SUCOFINDO sebagai Digital TIC Company, SUCOFINDO juga tengah mengembangkan Penggunaan Augmented Reality dan Virtual Reality, Big Data serta teknologi Iot (Internet of Things) untuk melakukan inspeksi berbasis resiko, monitoring, survey dan lainnya.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                              -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id