SUCOFINDO Serahkan Sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan Kepada PT Hutama Karya (Persero)

Jumat, 07 Januari 2022 | 11:47


JAKARTA, 3 Januari 2022 – Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas menyerahkan Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 kepada Wakil Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Aloysius Kiik Ro, Senin (3/1).

Darwin Abas dan Manajemen SUCOFINDO menyampaikan selamat kepada PT Hutama Karya (Persero) yang telah memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 dan ucapan terima kasih atas kepercayaan Hutama Karya telah memilih SUCOFINDO sebagai Lembaga Sertifikasi.

Menurutnya, Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 merupakan sebuah sistem manajemen anti suap yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan pengelolaan risiko penyuapan.

“Sistem manajemen ini menggunakan pendekatan risiko. Penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang mitra bisnis dan pihak ketiga, dengan memahami dan proaktif mengelola risiko penyuapan dari hubungan kerja sama tersebut.”

Darwin menambahkan, penerapan standar Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001 dengan utuh dan konsisten terhadap seluruh persyaratan standar yang ada, dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap, akan mendukung pencapaian Rencana Strategis maupun Kinerja PT Hutama Karya (Persero).

Wakil Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Aloysius Kiik Ro menyampaikan bahwa PT Hutama Karya (Persero) telah ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai pilot project sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016. Penerapan pilot project ini merupakan langkah awal dari strategi nasional pencegahan korupsi, di mana BUMN ditunjuk sebagai salah satu lembaga yang mempelopori penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.”

Aloysius menuturkan, pada Agustus 2020, Hutama Karya telah layak dan berhasil mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016. Sebagai bentuk komitmen manajemen Hutama Karya dalam mendukung Sistem Manajemen Anti Penyuapan, perseroan memperluas lingkup sertifikasi dengan menambah 5 divisi penerima sertifikat tersebut.

“Dengan adanya sertifikat SMAP (Sistem Manajemen Anti Penyuapan), Hutama Karya berkomitmen untuk mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang transparan, akuntabel, dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme,” ujar Aloysius.