5 UMK Binaan Sucofindo Berpartisipasi di Pameran Katumbiri Expo 2021

Jumat, 10 Desember 2021 | 12:35


JAKARTA, 5 Desember 2021 - Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung pemulihan ekonomi Usaha Mikro dan Kecil (UMK), PT Sucofindo (Persero) mengikutsertakan 5 UMK binaan yang bergerak di bidang industri kreatif (handicraft), fesyen busana muslimah dan kuliner khas Betawi dalam Pameran Katumbiri Expo 2021 yang digelar di Cenderawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), 1-5 Desember 2021.

 

Pameran Katumbiri Expo 2021 yang diikuti oleh 140 UMK ini dibuka langsung oleh Yanti Airlangga selaku Ketua Perempuan Untuk Negeri (PUN). Dalam sambutannya, istri dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ini menegaskan bahwa tema besar yang diangkat pada Katumbiri Expo 2021 “Peran Perempuan di Era Milenial Menuju Kesetaraan” sangat tepat dengan situasi secara umum yang dihadapi kaum perempuan dewasa ini.

 

Katumbiri Expo 2021, di samping bertujuan meningkatkan pencitraan terhadap peran perempuan Indonesia dalam kegiatan ekonomi kreatif, sekaligus juga sebagai upaya dukungan dalam pencapaian kesetaraan gender di Indonesia. Yanti berharap agar kaum perempuan Indonesia dapat menggali kreativitasnya untuk menghadapi dinamika persaingan pasar bebas dewasa ini. Dengan pemberdayaan perempuan dan kolaborasi, maka perekonomian di negeri ini akan terus meningkat.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Sucofindo (Persero) Budi Hartanto mengatakan bahwa Pameran Katumbiri Expo 2021 yang diikuti oleh Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Sucofindo merupakan bentuk dukungan dan implementasi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 5, yaitu kesetaraan gender yang bertujuan untuk mendorong perempuan Indonesia agar lebih kreatif dan berkontribusi untuk kemajuan UMK di Indonesia.

Selain itu, upaya dalam mengikutsertakan mitra binaan kami sebagai wujud komitmen Sucofindo mendukung pemulihan Usaha Mikro dan Kecil di Tanah Air. Kami berharap melalui Katumbiri Expo 2021, para UMK binaan Sucofindo, dapat segera pulih, khususnya di masa pandemi” ujarnya, Minggu (5/12).

Budi menuturkan bahwa peran para perempuan yang bergerak di sektor UMK sangat besar dalam perekonomian nasional. Oleh karena itu, upaya pemerintah dalam pemulihan perekonomian UMK akan sangat berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional.

Pameran Katumbiri Expo 2021 bermanfaat untuk mempromosikan produk-produk lokal. Hal ini juga sejalan dengan misi SUCOFINDO dalam menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama bagi pelaku usaha. Salah satunya, untuk para UMK,” ujar Budi.

Sebagai penguatan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), SUCOFINDO juga telah melaksanakan sosialisasi program SEHATI, atau Sertifikasi Halal Gratis bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)  secara daring. Selain itu, SUCOFINDO juga telah mengadakan pelatihan sertifikasi penyelia halal, sertifikasi Verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk UMKM, serta proses sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk UMKM.

Program pemberdayaan UMKM ini, merupakan komitmen SUCOFINDO dalam mengiimplementasikan nilai AKHLAK, khususnya pada poin kepedulian dalam nilai harmonis.

Selain itu, bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, SUCOFINDO juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah. Kemudian, SUCOFINDO mampu melayani jasa untuk membantu fungsi TJSL antara lain,  jasa social mapping, Jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Community Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat dan pengukuran dampak program TJSL dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                     

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas SUCOFINDO

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id