KONTRIBUSI PADA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL, SUCOFINDO BERIKAN BANTUAN PROGRAM SERTIFIKASI SNI PASAR RAKYAT DAN SERTIFIKASI ARISE

Senin, 01 November 2021 | 14:24


Jakarta (29/10) –  PT SUCOFINDO (Persero) berikan bantuan program Sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE untuk Perumda Pasar Jaya.  Sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat adalah standar dalam menetapkan ketentuan dari persyaratan umum, teknis dan pengelolaan yang harus dimiliki oleh pasar rakyat dilengkapi dengan Sertifikasi ARISE yang menilai tingkat kesiapan industri seperti pariwisata, pelayanan publik, kesehatan, industri manufaktur, migas, konstruksi dan lainnya untuk memasuki tatanan normal baru.

Sebelum pelaksanaan proses sertifikasi, SUCOFINDO menyelenggarakan sosialisasi kepada Perumda Pasar Jaya yang dilaksanakan secara online mengenai Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE. Hal ini sebagai bentuk dukungan  SUCOFINDO kepada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) dan sekaligus sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainability Development Goals (SDGs) Nomor 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.   

Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Nuri Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud implementasi program kepedulian SUCOFINDO, yang menjadi bagian dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke- 65 SUCOFINDO yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

Unit TJSL SUCOFINDO melaksanakan kegiatan bantuan program sertifikasi SNI Pasar dan Sertifikasi ARISE bagi Perumda Pasar Jaya khususnya PD Pasar Glodok dan PD Pasar Mayestik guna memberikan keyakinan kepada pelaku UMK maupun kepada para pengunjung pasar untuk beraktivitas dengan rasa aman dan nyaman. Nuri melanjutkan, “Program TJSL ini juga merupakan penciptaan kebermanfaatan bersama/ Creating Shared Value (CSV) dielaborasikan dengan layanan portofolio jasa SUCOFINDO berupa sertifikasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE kerjasama dengan Strategic Business Unit Sertifikasi & Eco Framework (SBU SERCO),” ujar Nuri.

Nuri menyampaikan bahwa di masa pandemi ini Sertifikasi SNI Pasar Rakyat dan Sertifikasi ARISE merupakan salah satu kontribusi dan upaya nyata perusahaan bagi roda ekonomi masyarakat tetap berputar dengan beradaptasi pada keadaan new normal.

Auditor Produk dan Sistem Mutu dari SBU SERCO, Stefanus Ponirin menyampaikan bahwa Program Sertifikasi SNI Pasar Rakyat diperlukan agar tata kelola serta lingkungan pasar rakyat tersebut terjamin kebersihan, keamanan dan kenyamanannya.

“Pada proses Sertifikasi SNI Pasar Rakyat terdapat prosedur sistem manajemen mutu yang perlu diterapkan oleh pasar rakyat yang akan melaksanakan proses sertifikasi. Pelaksanaan sistem manajemen pengelolaan pasar berguna untuk mendorong pelaksanaan pengelolaan pasar sesuai SNI Pasar Rakyat 8152:2015 berjalan secara berkelanjutan dengan melaksanakan perbaikan secara terus-menerus,” terang Stefanus.

Selain dengan penerapan SNI Pasar Rakyat 8152:2015, di masa pandemi ini sertifikasi ARISE menjadi salah satu upaya untuk memonitor dan memberikan pengakuan kesiapan organisasi memasuki tatanan normal baru.

“Kami pun terus berupaya dalam mendukung para pelaku usaha termasuk UMKM sebagai respons kami dalam mendukung pemulihan ekonomi Nasional dan kami berharap program ini akan memberikan manfaat untuk masyarakat terutama di masa pandemi seperti ini,” tutup Nuri.

PT SUCOFINDO (Persero) yang juga merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi, juga turut merespons dalam pemulihan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan misi SUCOFINDO dalam menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama bagi pelaku usaha. Salah satunya, untuk para UMK yang masuk dalam program TJSL SUCOFINDO, seperti membuat program sertifikasi halal dan pelatihan untuk UMKM serta sertifikasi SNI produk UMKM.

PT SUCOFINDO (Persero) sebagai BUMN dengan lingkup jasa dibidang Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi memiliki jasa dalam sektor TJSL. Jasa tersebut antara lain adalah jasa social mapping, Jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Customer Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat dan pengukuran dampak program TJSL dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Sebagai bentuk komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Bagus Subihantoro

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id