SUCOFINDO BERIKAN LITERASI DIGITAL MARKETING UNTUK MITRA BINAAN - UMKM

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:37


Jakarta, (16/10)- Sejalan dengan program pemerintah dalam mengedukasi pelaku usaha mengimplementasikan pemasaran Digital, PT SUCOFINDO (Persero) melalui unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mengadakan pelatihan Digital Marketing untuk  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan SUCOFINDO secara daring.

“Pelatihan ini merupakan respons atas perilaku konsumen yang telah berubah ke arah digital minded. Hal ini juga sebagai dampak dari pandemi, di mana konsumen beralih dari konvensional ke arah digital. Oleh karena itu, untuk menyiasati kondisi tersebut SUCOFINDO membantu mitra binaan beradaptasi dalam memasarkan dan menjual produknya secara digital,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT SUCOFINDO (Persero) Budi Hartanto. Pelatihan ini pun bagian dari program SUCOFINDO berbagi dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-65 SUCOFINDO yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.

Budi Hartanto berharap pelatihan Digital Marketing ini dapat diimplementasikan oleh mitra binaan SUCOFINDO, sehingga mampu menunjang peningkatan omzet dan menjangkau pasar yang lebih luas. “Ini pun merupakan peranan kita sebagai BUMN Jasa Survei, sesuai dengan visi misi SUCOFINDO dalam menciptakan nilai ekonomi serta menjaminkan berusaha untuk pelaku usaha, khususnya UMKM, ujar Budi.

Selanjutnya, program ini menurut Kepala Unit TJSL PT SUCOFINDO (Persero) Nuri  Hidayat dijadwalkan akan berlangsung selama 2 bulan, yang dimulai sejak 12 Oktober-22 Desember 2021, dengan narasumber kompeten di bidang online marketing. “Para pelaku usaha nantinya juga berkesempatan mendapat insight mengenai digital marketing, platform yang digunakan, strategi bisnis, serta praktik langsung yang dibimbing oleh para narasumber dalam berbisnis online, khususnya dalam penggunaan aplikasi yang biasa digunakan sebagai media pemasaran dan penjualan,” papar Nuri.

PT SUCOFINDO (Persero) yang juga merupakan BUMN Jasa Survei dengan layanan Pengujian, Inspeksi, dan Sertifikasi, juga turut merespons dalam pemulihan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan misi SUCOFINDO dalam menciptakan nilai ekonomi kepada para pemangku kepentingan terutama bagi pelaku usaha. Salah satunya, untuk para UMKM.

Sebagai penguatan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), SUCOFINDO juga telah melaksanakan sosialisasi program SEHATI, atau Sertifikasi Halal Gratis bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)  secara daring. Selain itu, SUCOFINDO juga telah mengadakan pelatihan sertifikasi penyelia halal, sertifikasi Verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk UMKM, serta proses sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk  produk UMKM.

Program pemberdayaan UMKM ini, merupakan komitmen SUCOFINDO dalam mengiimplementasikan nilai AKHLAK, khususnya pada poin kepedulian dalam nilai harmonis.

Selain itu, bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19, SUCOFINDO juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah. Kemudian, SUCOFINDO mampu melayani jasa untuk membantu fungsi TJSL antara lain,  jasa social mapping, Jasa konsultansi ISO 26000 mencakup Gap Analysis, Training ISO 26000 maupun penyusunan Sustainability Report dan penentuan Community Satisfaction Index (CSI) melalui Indeks Kepuasan Masyarakat dan pengukuran dampak program TJSL dengan metode SROI (Social Return On Investment).

Sebagai bentuk komitmen mencegah penyebaran Covid-19, SUCOFINDO dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, dan ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing, yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Dalam merespons pemulihan ekonomi Nasional, SUCOFINDO pun menjadi pelaksana audit dan sertifikasi CleanlinessHealthSafety, and Environment Sustainability (CHSE) program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Bagus Subihantoro

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id