SUCOFINDO RAIH DUA PENGHARGAAN DI AJANG TOP GRC AWARDS 2021

Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:53


Jakarta, (07/10)–PT SUCOFINDO (Persero) raih dua penghargaan dalam ajang TOP GRC Awards 2021 sebagai TOP GRC 2021 #4 Stars dan The Most Committed GRC Leader 2021 yang diterima oleh Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Penyelenggara TOP GRC Awards 2021 sekaligus Pemimpin Redaksi TopBusiness M Lutfi Handayani dan Samsul Hadi Ketua Lembaga Kajian Nawacita serta Prof Wahyudin Zarkasyi yang merupakan salah satu dewan juri. Penghargaan ini diselenggarakan di Hotel Raffles, Jakarta.

Penghargaan yang diperoleh SUCOFINDO ini berdasarkan penilaian tentang kelengkapan Sistem dan Infrastruktur Governance, Risk, & Compliance (GRC) yang baik dan berhasil dalam implementasi Good Corporate Governance (GCG), Risk Management, dan Compliance Management untuk mendukung tumbuhnya bisnis secara berkelanjutan, terutama di masa pandemi Covid-19.

Hasil yang diperoleh dari penilaian tersebut, SUCOFINDO berada di tingkat Sangat Baik atau #4 Stars, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan, termasuk di masa pandemi.

Pada kesempatan ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam penyampaiannya sebagai keynote speaker, bahwa pentingnya penerapan GRC terintegrasi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan demi keberlangsungan usaha.

“Saat ini kita dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi, sehingga kita harus tetap semangat dan optimis serta memanfaatkan peluang-peluang yang ada sehingga usaha yang dijalankan dapat sustain atau berkelanjutan.”

Airlangga melanjutkan bahwa, “Tata kelola yang efektif hanya dapat terwujud atas kesadaran bersama dan untuk itu pemerintah mengapresiasi usaha yang dilakukan berbagai pihak termasuk dalam penganugerahan penghargaan ini.”

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Juri TOP GRC Awards 2021 Antonius Alijoyo, mengatakan bahwa, “Di masa Pandemi Covid-19 ini, peranan GRC semakin penting bagi banyak perusahaan, di tengah ketidakpastian lingkungan bisnis dan ekonomi. Dengan implementasi GRC yang baik, perusahaan-perusahan tersebut dapat melalui masa-masa sulit, dengan baik.

Pemimpin Redaksi TopBusiness, M. Lutfi menyampaikan bahwa, “Antusiasme keikutsertaan pada ajang ini cukup tinggi ditandai dengan TOP GRC Awards 2021 diikuti/disaring dari 880 perusahaan, baik BUMN, perusahaan di pasar modal, dan perusahaan swasta nasional atau pun multinasional. Proses wawancara penjurian, berlangsung sejak 1 Juni hingga 14 September 2021.”

Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menuturkan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa TIC (Testing, Inspection, Certification) mengutamakan integritas yang untuk meraih kepercayaan pelanggan.

“Dalam pengelolaan perusahaan kami menerapkan prinsip-prinsip GCG, Manajemen Risiko dan Compliance. Diharapkan melalui ajang ini SUCOFINDO dapat mengevaluasi dan memperbaiki diri untuk senantiasa peningkatan penerapan GRC, karena dengan hal tersebut kami mampu membangun dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.”

Lebih lanjut Mas Wigrantoro menyampaikan bahwa, “SUCOFINDO senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan dengan menjalankan penerapan GRC secara konsisten.”

SUCOFINDO telah menerapkan langkah-langkah untuk membudayakan integritas di lingkungan perusahaan, salah satunya dengan menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

Sebagai perusahaan yang memiliki layanan sertifikasi dan audit, SUCOFINDO memiliki layanan audit dan sertifikasi sistem manajemen anti penyuapan (SMAP) berdasarkan ISO 37001-2016. Layanan ini dapat membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani serta membangun sistem kontrol sistem manajemen yang berbasis Tata Kelola Perusahaan yang baik dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan anti penyuapan.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan cabang, yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                        -----                                                    

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas

Telepon        : +62 21 798 3666

Faksimili       : +62 21 798 3888

Email            : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id