Wujudkan Komitmen Peningkatan Industri Halal Indonesia, SUCOFINDO Teken MoU dengan Nusantara Global Anugerah Pratama

Kamis, 30 September 2021 | 17:16


Jakarta, (30/09) - PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Nusantara Global Anugerah Pratama guna mewujudkan peningkatan industri halal di Indonesia. Penandatanganan Nota Kesepahaman ini dilaksanakan oleh Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi dan Direktur Utama Nusantara Global Anugerah Pratama, Muslich Ramelan dan turut dihadiri oleh Komisaris Utama Nusantara Global Anugerah Pratama, yang juga salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Eman Suryaman, yang berlangsung di Gedung Graha SUCOFINDO, Jakarta Selatan.

Direktur Utama SUCOFINDO, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi menyampaikan bahwa pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan wujud komitmen SUCOFINDO untuk terus mendukung peningkatan industri halal di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan industri halal di Indonesia dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk itu kami melakukan kerja sama dengan PT Nusantara Global Anugerah Pratama.”

“Semoga yang kita lakukan dapat turut mendorong kemajuan industri halal di Indonesia, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” kata Mas Wigrantoro.

Lebih lanjut, Mas Wigrantoro menyampaikan­ bahwa, “Selanjutnya, melalui peran SUCOFINDO sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), menjadi komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam kegiatan operasional audit dalam hal pemeriksaan dan pengujian kehalalan produk.”

Mas Wigrantoro memaparkan bahwa, “SUCOFINDO memiliki infrastruktur yang sangat lengkap, antara lain yaitu fasilitas laboratorium pengujian halal yang terakreditasi, peralatan uji halal yang mumpuni, didukung dengan teknologi Droplet Digital PCR, serta dilengkapi kualitas auditor halal yang telah tersertifikasi dan kompeten di bidangnya.”

Selanjutnya, Komisaris Utama PT Nusantara Global Anugerah Pratama, KH. Eman Suryaman menyampaikan bahwa, “Kerja sama terkait halal antara SUCOFINDO dengan Nusantara Global Anugerah Pratama salah satunya adalah untuk mempercepat pertumbuhan halal di Indonesia.”

“Kerja sama ini salah satunya sosialisasi kepada masyarakat dan khususnya para UMKM di Indonesia agar dapat tumbuh dan semakin kuat melalui program halal di Indonesia,” ujar Eman.

Nahdlatul Ulama (NU) adalah salah satu organisasi Islam yang terbesar di Indonesia dan sangat mendukung program halal ini. Untuk itu, halal adalah bagian yang patut kita dorong dan semoga dengan kerja sama dengan SUCOFINDO ini akan mempercepat pertumbuhan industri halal di Indonesia,” tutur Eman.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama PT Nusantara Global Anugerah Pratama, Muslich Ramelan bahwa hal ini dapat menjadikan UMKM semakin kokoh, “Sehingga melalui kerja sama dengan SUCOFINDO dapat memperkuat UMKM salah satunya melalui edukasi dan sosialisasi terkait dengan produk halal,” kata Muslich pada kesempatan wawancara.

Dalam upaya pemulihan ekonomi serta mendukung UMKM untuk tetap berkarya di masa pandemi, SUCOFINDO senantiasa memberikan dukungan bagi UMKM melalui layanan-layanan sertifikasi juga pengujian di antaranya yaitu verifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), sertifikasi produk, sertifikasi keamanan pangan, sertifikasi sistem manajemen mutu, sertifikasi sistem manajemen lingkungan, sertifikasi keselamatan dan kesehatan kerja, sertifikasi sistem manajemen pangan serta layanan pengujian di antaranya pengujian SNI untuk makanan, minuman, lingkungan, kalibrasi dan pengujian lainnya. SUCOFINDO juga memiliki kapabilitas dan melaksanakan pelatihan bagi UMKM serta melaksanakan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui pembinaan bagi UMKM.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66  titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang, dengan 75 Jaringan laboratorium luas  menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas SUCOFINDO

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id