IMPLEMENTASIKAN KINERJA EKSELEN, SUCOFINDO RAIH DUA KATEGORI APRESIASI DI BPEA 2021

Jumat, 24 September 2021 | 12:51


Jakarta (23/9) - PT SUCOFINDO (Persero) berhasil meraih dua apresiasi dalam ajang Business Perfomance Excellence Award (BPEA) 2021 yang diselenggarakan secara virtual oleh Forum Ekselen BUMN (FEB), yaitu dalam kategori Emerging Industry Leader dan The Best Resilience Company.

Penghargaan ini diserahkan secara virtual oleh Ketua Umum Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto yang diterima oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Business Perfomance Excellence Award (BPEA) 2021 ini didasarkan pada nilai hasil asesmen yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di kalangan BUMN sejak tahun 2012, dalam rangka membangun daya saing perusahaan. Saat ini kriteria dimaksud sudah diselaraskan dengan lima prioritas Kementerian BUMN.

"FEB menggelar BPEA sebagai ajang penghargaan kepada BUMN yang telah bekerja mengelola bisnis ekselen dengan membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen tertentu, kata Ketua Umum Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto.

Selanjutnya, Agung menambahkan bahwa BPEA ini diperuntukan bagi BUMN yang telah mengikuti proses self assesment KPKU 2020. Selain sebagai ajang apresiasi, BPEA juga kami rancang sebagai ajang pembelajaran dalam mengelola kinerja ekselen melalui sharing on excellence dari pimpinan BUMN,” kata Agung.

Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, pada kesempatan tersebut, mengatakan bahwa apresiasi ini merupakan penyemangat untuk terus meningkatkan daya saing perusahaan dan menjadi leader pada industri TIC (Testing, Inspection, and Certification).

Tercatat berdasarkan hasil asesmen KPKU, skor PT SUCOFINDO (Persero) tiap tahunnya mengalami peningkatan dan akan terus berupaya meningkatkan kinerja ekselennya.

“Skor ini pun menjadi tantangan bagi insan SUCOFINDO untuk membuktikan bahwa skor tersebut memang kami bisa buktikan dalam bentuk pertumbuhan bisnis dan keberlangsungan usaha demi tercapainya visi kami, menjadi perusahaan TIC (Testing, Inspection, and Certification) kelas dunia,” ujar Mas Wigrantoro.

Sebagai bentuk komitmen dalam mencipta daya saing, SUCOFINDO menciptakan ragam inovasi. Hal ini sebagai wujud dalam merespons pemulihan ekonomi Nasional, di masa pandemi. “SUCOFINDO tetap memberikan pelayanan terbaiknya dengan memprioritaskan penggunaan teknologi digital. Hal ini sebagai upaya memudahkan pelayanan para pelanggan secara efisien dan efektif,” jelas Mas Wigrantoro.

Inovasi yang diciptakan, secara menyeluruh baik dalam model bisnis, jasa, dan pengembangan bisnis, serta pemanfaatan teknologi terkini secara internal dan eksternal. “SUCOFINDO sepanjang tahun 2020 diantaranya telah melayani jasa dengan menggunakan teknologi, seperti Monitoring Limbah Sistem Informasi SPARING, Remote Audit, Pengujian Kalibrasi Alat Kesehatan (Alkes), Pelatihan Online, serta laboratorium Halal dengan teknologi Digital Droplet PCR,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam rangka pencegahan Covid-19, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan serta disinfection monitoring program.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Bagus Subihantoro

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id