SUCOFINDO Dukung program Vaksinasi BUMN dengan Webinar Kesehatan

Kamis, 22 April 2021 | 14:33


PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar kesehatan

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar kesehatan dengan tema “Jangan Lengah, Tetap Terapkan Prokes Cegah Covid-19 setelah Vaksin !”. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Sumber Daya dan Pengembangan Bisnis PT SUCOFINDO (Persero), Rozainbahri Noor, dan menghadirkan pembicara Dokter Umum, dr. Donny M. Salahuddin, Spesialis Produk 1 PT Bio Farma, Puspagita Wardhani, dan Susetiorini Adiningsih, sebagai bagian Emergency Respond Team PT SUCOFINDO (Persero). Sebanyak kurang lebih 2.000 peserta dari kalangan pegawai dan keluarga pegawai menyaksikan webinar kesehatan yang dimoderatori Andre Esfandiari melalui kanal YouTube Sucofindo.

Webcasting ini salah satu upaya dalam menunjukkan komitmen PT SUCOFINDO (Persero) dalam menangani pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Selain itu, webcasting ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pegawai mengenai proses vaksinasi yang sedang berlangsung di Sentra Vaksinasi BUMN. Program vaksinasi ini telah berlangsung di beberapa kota seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Banyumas.

“Hingga saat ini tercatat kurang lebih 1.715 pegawai SUCOFINDO dan pensiunan SUCOFINDO telah mendapatkan vaksin. Namun, sesuai dengan tema webinar ini, sebaiknya kita tetap menerapkan protocol kesehatan walaupun telah divaksin karena Vaksinasi tidak akan langsung membuat kita terbebas dari COVID-19. Melainkan akan ada beberapa tahap pembentukan daya tahan tubuh. Maka dari itu tetap terapkan protokol kesehatan!” himbau Rozain.

Dalam webinar ini, informasi pertama diawali dengan penjelasan oleh Ibu Puspagita mengenai pengetahuan umum terkait dengan vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia. Selanjutnya, pembahasan vaksin dilihat dari aspek medis termasuk dalam hal persiapan dan penanganan seseorang saat mendapatkan vaksin. Pada bagian akhir, langkah pencegahan perusahaan meskipun telah menjalani vaksin ditegaskan kembali melalui penguatan pemahaman protokol covid safe yang berlaku di PT SUCOFINDO.

Vaksin merupakan produk biologis yang berisikan bakteri atau virus yang dilemahkan atau dimatikan. Vaksin ini akan merangsang pembentukan kekebalan tubuh seseorang untuk jangka waktu yang cukup panjang. Proses pemberian vaksin ke dalam tubuh disebut vaksinasi.

“Pada saat Vaksin disuntikkan kedalam tubuh, hal tersebut seperti mengajarkan tubuh kita melawan ketika virus atau bakteri menyerang tubuh. Vaksin kemudian akan membentuk antibodi yang akan membuat tubuh kita tidak terkenana infeksi berat saat terpapar virus atau bakteri” ungkap Puspagita

Puspagita menambahkan “Dengan melakukan vaksinasi, kita juga turut melindungi kelompok yang tidak dapat menerima vaksin karena tidak memenuhi syarat seperti penyakit diabetes melitus yang tidak terkontrol, penyakit jantung, hipertensi, memiliki gangguan ginjal, autoimun , penyakit kanker dan pasien hematologi. Vaksin yang saat ini beredar di Indonesia adalah Vaksin Sinovac dan Astra Zeneca. Beberapa vaksin seperti Sinopharm, Pfizer, Novavax dan Moderna akan disebarkan jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di Indonesia serta telah berhasil melalui hasil uji tes seperti Vaksin yang telah beredar saat ini” Jelas Puspagita

Pada proses vaksinasi, tubuh manusia memberikan respon berbeda-beda. Mulai dari rasa sakit dengan gejala ringan hingga sedang. Hal ini dikarenakan, tubuh menerima partikel baru dan mencoba untuk menyesuaikan.

“Penerima vaksin telah di ketegorikan kedalam beberapa golongan, untuk menentukan siapa saja yang dapat menerima vaksin. Sebelum dilakukan vaksinasi massal, tentunya telah dilakukan uji klinis terlebih dahulu. Jikapun, tubuh memberikan efek samping terhadap vaksinasi, hal yang perlu dilakukan adalah meredakan efek tersebut dengan beristirahat dan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi. Jangan mengkonsumsi zat atau obat yang dapat mengganggu terbentuknya imunitas” Jelas dr. Donny.

Layanan jasa yang diberikan PT SUCOFINDO (Persero) tetap berjalan selama proses vaksinasi berlangsung kepada pegawai. Tentunya dengan memperhatikan penerapan protkol kesehatan di lingkungan kerja.

“Bahkan setelah vaksinasi kami akan terus mengupayakan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan Kerja di lingkungan PT SUCOFINDO (Persero). Salah satunya dengan menyebarkan informasi mengenai prosedur yang harus dilakukan secara online dan offline pada titik- titik strategis. Tentunya prosedur ini terus diperbaharui dan menyesuaikan sejalan dengan perubahan grafik penyebaran di setiap lokasi kerja PT SUCOFINDO (Persero) “ ungkap Rini

PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan jasa-jasa lainnya dalam upaya cegah covid. Layanan tersebut meliputi layanan Penyemprotan Disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu Penyemprotan Disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower. Pengujian lainnya untuk pencegahan penyebaran COVID-19 yaitu pegujian Kualitas Udara dan jasa Disinfection Monitoring.

Sebagai dukungan terhadap pelaku usaha di Indonesia menghadapi masa pandemi ini, PT SUCOFINDO (Persero) juga memiliki jasa baru Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal. Jasa - jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Mobile                : +62.81285971751

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id