PERINGATI BULAN K3, SUCOFINDO CABANG PONTIANAK RAIH PENGHARGAAN ZERO ACCIDENT

Kamis, 11 Februari 2021 | 18:29


Jakarta (11/02) – Dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional, PT SUCOFINDO (Persero) Cabang Pontianak  raih penghargaan Zero Accident Tingkat Provinsi Tahun 2020 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat. Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat - Manto dan diterima langsung oleh Kepala Cabang SUCOFINDO Pontianak - Paolo Manurung.

Bersama dengan kesempatan ini, SUCOFINDO Cabang Pontianak menyelenggarakan webinar yang mengusung tema “Arti Penting Penerapan SMK3 Pada Peningkatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3” dihadiri secara online oleh Direktur Komersial 1 SUCOFINDO - Herliana Dewi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat - Manto dan Pengawas Ketenagakerjaan Ahli Madya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat -Tri Djatiningsih.

Direktur Komersial I SUCOFINDO, Herliana Dewi menyampaikan bahwa pentingnya budaya K3 di lingkungan perusahaan senantiasa ditingkatkan, “Salah satu aspek membangun produktivitas kerja yang efisien juga aman adalah dengan patuh dalam implementasi budaya lingkungan K3 di perusahaan,” Ujar Herliana.

Herliana mengungkapkan bahwa apresiasi yang diberikan untuk SUCOFINDO Cabang Pontianak merupakan salah satu bentuk upaya SUCOFINDO dalam meningkatkan produktivitas kerja dan merupakan bagian dari budaya mitigasi risiko, “Terima kasih atas kepercayaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atas apresiasi Zero Accident Tingkat Provinsi Tahun 2020 untuk SUCOFINDO Cabang Pontianak.”

Adapun hal ini berdasarkan penilaian dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi secara profesional sepanjang tahun 2020 atas penerapan SMK3 di SUCOFINDO Cabang Pontianak. “Sehingga dengan diraihnya penghargaan ini terus memacu kami peningkatan budaya K3 di SUCOFINDO keseluruhan, terutama di masa pandemi ini dimana SMK3 menjadi garda terdepan dalam melindungi karyawan.”

Herliana turut memaparkan bahwa implementasi budaya K3 ini merupakan komitmen SUCOFINDO agar tetap konsisten mengimplementasikan SMK3 di tiap proses bisnis. Ini pun sejalan dukungan kami terhadap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk berpartisipasi aktif mendorong para pelaku usaha di Kalimantan Barat dalam mengimplementasikan SMK3.”

Herliana menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi edukasi yang penting sejalan dengan kondisi di masa pandemi COVID-19, terutama bagi pelaku usaha di lingkungan kerja. Selain itu, memberikan persepsi yang seragam serta informasi yang solutif terkait SMK3.

Pengendalian potensi bahaya K3 dalam proses bisnis organisasi melalui penerapan SMK3 merupakan salah satu investasi serta partisipasi dalam andil membangun terciptanya zero accident perusahaan serta budaya K3 yang lebih baik,” tutur Herliana.

Selaras dengan yang disampaikan Herliana, Kepala Cabang SUCOFINDO Pontianak, Paolo Manurung menyampaikan bahwa, “Aspek SMK3 merupakan aspek penting yang perlu diantisipasi secara tepat oleh organisasi ataupun perusahaan agar dapat mengendalikan risiko bahaya bagi pekerja dan lingkungan kerja.”

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Manto mengatakan bahwa, “Tujuan dari penerapan SMK3 tidak hanya merupakan komitmen perusahaan sebagai upaya melindungi karyawan namun juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja untuk menghadapi kompetisi perdagangan global.”

Selanjutnya, Herliana menyampaikan disiplin mengimplementasikan SMK3 pun menjadi tolak ukur keberhasilan perusahaan.Ini pun selaras dengan terciptanya produktivitas kerja yang berkualitas, sehingga mampu menyumbang keamanan proses bisnis.”

Herliana menambahkan, “Implementasi Health and Safety Management System, sebuah institusi akan menjamin upaya pencegahan penularan COVID-19 dan produktifitas kerjanya,” imbuh Herliana.

Beragam upaya telah dilakukan SUCOFINDO memberikan keamanan di lingkungan kerja, khususnya di masa pandemi ini PT SUCOFINDO (Persero) mampu melayani jasa Remote Audit dan Pelatihan Sertifikasi, serta konsultansi secara online, Pengujian kualitas udara dan jasa Disinfection Monitoring, Sertifikasi ARISE, yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal, serta Pengujian Kalibrasi Instrumentasi Kimia dan Alat Kesehatan yang sudah terakreditasi ISO SNI: 17025 oleh KAN yang baru saja ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI dan SUCOFINDO memiliki layanan Audit Sistem manajemen K3.

Di tengah masa pandemi COVID-19,  sebagai perusahaan BUMN, PT SUCOFINDO (Persero) menyediakan layanan jasa untuk industri Kesehatan sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata di masa pandemi ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KEMENPAREKRAF RI) mendorong pelaku usaha pariwisata untuk diaudit CHSE oleh SUCOFINDO dalam rangka program Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Enviromental Sustainability (CHSE) secara gratis, guna meningkatkan kepercayaan konsumen sektor pariwisata.

Selanjutnya, SUCOFINDO juga menyediakan jasa layanan penyemprotan disinfektan sebagai upaya membantu dalam pencegahan dan penyebaran COVID-19. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id