SUCOFINDO RAIH PENGHARGAAN BRONZE – INTERNAL COMMUNICATION MANAGEMENT DI AJANG BCOMSS 2021

Selasa, 02 Februari 2021 | 09:49


Jakarta (26/01) – PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan Bronze pada kategori Internal Communication Management serta menjadi salah satu nominasi pada kategori Media Relations di Ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMMS 2021). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Senior Jurnalis Najwa Shihab yang diterima oleh Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin di Auditorium Telkom Hub.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN RI ini sebagai bentuk apresiasi kepada para insan Komunikasi dan praktisi program keberlanjutan di lingkungan BUMN sepanjang tahun 2020.  Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa, “Kepercayaan menjadi kunci terpenting dalam komunikasi dan keberlanjutan di lingkungan BUMN. Karena itu, Kementerian BUMN selalu menekankan pentingnya dipercaya oleh pemangku kepentingan (stakeholder).”

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, “Citra BUMN yang konsisten positif, kinerja yang tetap memberikan kontribusi sempurna, baik untuk pemerintah maupun rakyat, sampai peran strategis seluruh insan BUMN selama masa pandemi merupakan kinerja bersama yang patut diapresiasi.”

Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN RI atas apresiasi yang telah diberikan. “Komunikasi internal pada perusahaan memiliki peran serta kontribusi yang sangat besar bagi perusahaan, termasuk salah satunya dalam menyampaikan informasi juga memberikan edukasi kepada karyawan terhadap pencegahan COVID-19,” kata Bachder usai acara tersebut.

Bachder menambahkan bahwa strategi manajemen komunikasi internal dibutuhkan agar alur dan penyampaian berita dapat disalurkan secara massive dan di waktu yang bersamaan. “SUCOFINDO memiliki kurang lebih 3000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia, oleh karena itu sangat perlu adanya strategi dalam penyampaian informasi dan komunikasi. Dalam hal ini media komunikasi internal merupakan media yang efektif untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan COVID-19.”

Lebih lanjut Bachder menambahkan, “Penyebaran informasi memanfaatkan channel komunikasi internal ini tidak hanya untuk mengajak insan SUCOFINDO dalam memberikan informasi dan edukasi seputar COVID-19, namun juga melibatkan lingkungan keluarga dari insan SUCOFINDO. Sehingga hal tersebut memberikan tingkat awareness terhadap COVID-19 ini dalam skala yang lebih luas.”

Kedepannya Bachder menyampaikan bahwa inovasi dalam manajemen strategi internal komunikasi selalu ditingkatkan agar tidak hanya sense of belonging terhadap perusahaan meningkat namun juga penyampaian pesan secara kreatif dapat tercipta, “Peran internal komunikasi sangat strategis bagi perusahaan, dengan diraihnya penghargaan ini tentunya akan meningkatkan semangat insan komunikasi serta memotivasi bagi seluruh insan SUCOFINDO untuk dapat meningkatkan efektivitas  komunikasi melalui channel-channel komunikasi lebih baik lagi,” tutup Bachder.

Beragam upaya telah dilakukan SUCOFINDO dalam menangani pandemi COVID-19 dalam berbagai aspek. Salah satu yang dilakukan oleh SUCOFINDO adalah dengan meningkatkan hubungan dengan para pihak media. Melalui hal ini, SUCOFINDO meyakini peran media mampu menyebarkan berita terkait penanggulangan dan kontribusi SUCOFINDO terhadap COVID-19 dan juga upaya SUCOFINDO dalam pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, peran media sosial juga menunjang dalam memberikan edukasi maupun menyebarkan informasi seputar COVID-19 yang salah satunya melalui kampanye dan program-program SUCOFINDO Lawan COVID-19.

Di tengah masa pandemi COVID-19,  sebagai perusahaan BUMN, PT SUCOFINDO (Persero) menyediakan layanan jasa untuk industri Kesehatan sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Dalam upaya meningkatkan sektor pariwisata di masa pandemic ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (KEMENPAREKRAF RI) mendorong pelaku usaha pariwisata untuk diaudit CHSE oleh SUCOFINDO dalam rangka program Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Enviromental Sustainability (CHSE) secara gratis, guna meningkatkan kepercayaan konsumen sektor pariwisata.

Program Sertifikasi CHSE merupakan salah satu upaya KEMENPAREKRAF RI untuk menstimulasi pemulihan perekonomian nasional untuk sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah situasi pandemi COVID-19 yang berimbas ke berbagai aspek dan sektor perekonomian nasional. SUCOFINDO mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF RI untuk melakukan audit kepada para pelaku usaha dalam rangka sertifikasi CHSE tersebut.

Selanjutnya, PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan jasa layanan penyemprotan disinfektan sebagai upaya membantu dalam pencegahan dan penyebaran COVID-19. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

PT SUCOFINDO (Persero) juga melayani jasa pemastian dibidang CSR berupa konsultansi dan audit CSR berlandaskan ISO 26000 Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sebuah organisasi/perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingannya, antara lain konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                     -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id