SINERGI SUCOFINDO-SGS HADIRKAN JASA DISINFECTION MONITORING

Rabu, 02 September 2020 | 19:23


Jakarta (2/9) – PT SUCOFINDO (Persero) bersama dengan SGS bersinergi mengembangkan jasa Disinfection Monitoring. Hal ini sebagai upaya perusahaan Testing, Inspection, and Certification (TIC) dalam mendorong pemulihan ekonomi dan membantu kesehatan di Indonesia. “Sinergi ini sebagai komitmen kami untuk Indonesia, khususnya di masa pandemi ini dalam memulihkan ekonomi serta memulihkan kesehatan masyarakat,” kata Direktur Sumber Daya Manusia PT SUCOFINDO (Persero) Rozainbahri Noor dalam sosialisasi Covid-19 Disinfection Monitoring.

Sinergi ini menurut Rozainbahri dilakukan dengan pelayanan jasa Disinfection Monitoring. Jasa ini memonitor bagaimana perusahaan menerapkan protokol kesehatan serta melakukan cek atas keefektifan proses disinfektasi di lingkungan usaha, terutama di bagian yang sering terpapar publik.

Pada jasa ini, PT SUCOFINDO (Persero) berperan dalam proses pemeriksaan secara langsung untuk mendeteksi keberadaan virus dan bakteri dalam media tertentu. “Kami dapat mendeteksi seberapa banyak virus dan bakteri yang terpapar, khususnya pada benda yang menjadi media interaksi vital, seperti lift, handle pintu, gagang telepon, dan lain-lain. Untuk pelaksanaan jasa ini, kami menggunakan peralatan mutakhir dan metode sesuai dengan standard WHO,” ujar Rozainbahri.

Sedangkan pihak SGS, berperan dalam proses audit kesesuaian serta pengecekan ketentuan protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh perusahaan. “Selanjutnya hasil dari pengecekan SGS, akan dilakukan kajian untuk mengetahui adanya gap analysis yang akan menjadi panduan SUCOFINDO untuk melakukan pengujian dan pengecekan material di bagian krusial, seperti di area publik,” kata Rozainbahri.

Jasa Disinfection Monitoring ini diperkenalkan kepada pelaku usaha melalui kegiatan Webinar yang diadakan di Kantor Pusat SUCOFINDO yang diikuti sebanyak 200 lebih pelaku usaha di berbagai sektor bisnis melalui layanan daring di Kantor Pusat SUCOFINDO (1/9).

Senada dengan Rozainbahri, sebagai salah satu pembicara dalam Webinar, How Kah Kuan, SGS Global Key Account Manager mengatakan bahwa melalui implementasi jasa ini dapat menjaminkan pemastian kepada pelaku usaha dalam penerapan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan internasional yang berlaku. “Implementasi ini dapat memberikan kepercayaan kepada para pelanggan, sehingga pelanggan dapat berinteraksi secara aman dan nyaman,” ujar How Kah Kuan melalui layanan daring.

How Kah Kuan menambahkan bahwa kepercayaan ini didapat atas tingkat kebersihan yang terimplementasi dengan baik di tempat kerja khususnya perkantoran dan industri. “Dalam pencegahan dan pengecekan protokol COVID-19 ini kita menggunakan standard WHO,” ujar How Kah Kuan.

Kepala Strategic Business Unit Komoditas dan Solusi Perdagangan PT SUCOFINDO (Persero) Rikrik Supriyadi menyampaikan bahwa pada tahapan proses Disinfection Monitoring, akan dilakukan monitoring secara rutin. “Kami akan rutin melakukan evaluasi kepada pelanggan setiap 2 bulan sekali,” kata Rikrik.

Nantinya, menurut Rikrik pelanggan akan mendapatkan label khusus yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik, salah satunya adalah dengan melakukan pembersihan atau disinfeksi secara rutin terhadap media yang memungkinkan terpapar Covid-19. “Selain itu, pemastian kami telah disesuaikan dengan peraturan internasional WHO dan yang terpenting adalah monitoring ini dilakukan oleh pihak independent, sehingga semua pihak mendapat kepastian dan keamanan tempat kerja dan peralatan kerja yang digunakan,” ujar Rikrik.

Kedepannya jasa ini juga akan terintegrasi dengan aplikasi dan memudahkan pelanggan untuk mengetahui perusahaan yang telah melakukan pencegahan Covid-19 dan berlabel Disinfection Monitoring.

Dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, PT SUCOFINDO (Persero) juga memiliki jasa baru Sertifikasi ARISE,  yaitu pedoman para pelaku usaha menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

Sertifikasi ARISE secara umum memiliki skema dalam memantau sumber bahaya dari paparan covid-19, antara lain dengan cara tidak menerima tamu dari daerah atau negara zona merah dan kuning.

Persyaratan lainnya terkait Engineering control, menciptakan pembatas berupa kaca atau plastik transparan di petugas front office, meningkatkan nilai tukar udara ruangan untuk meminimalkan terjadinya resirkulasi udara dalam ruangan tempat berkumpul sehingga menimimalkan penularan melalui droplet yang ada di udara.

Selain itu adalah melalui administrative control pengaturan menjaga jarak dengan tamu, tidak bersalaman, pemeriksaan suhu tubuh; serta PPE/APD dalam kelengkapan dan penggunaan masker dan hand sanitizer.

PT SUCOFINDO (Persero) juga menyediakan layanan Jasa Penyemprotan Disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

Selain itu, SUCOFINDO melayani jasa Pengujian handsanitizer dan cairan disinfektan melalui Laboratorium sentral PT SUCOFINDO (Persero) di Cibitung. Selanjutnya, sebagai komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Humas 

Telepon              : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : humas@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id