SUCOFINDO DAN PERTAMEDIKA IHC SINERGI DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Kamis, 27 Agustus 2020 | 20:39


JAKARTA, (27/8) – PT SUCOFINDO (Persero) dan PT PERTAMINA BINA MEDIKA IHC bersinergi mendukung pemulihan ekonomi nasional, dengan melakukan tandatangan nota kesepahaman guna pelayanan jasa persiapan masa adaptasi kebiasaan baru untuk pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Pengesahan MoU ini ditandangani oleh Direktur Sumber Daya Manusia SUCOFINDO, Rozainbahri Noor dan Direktur Transformasi Bisnis PERTAMEDIKA IHC, Rainier Haryanto.

Kolaborasi ini sebagai langkah awal dalam mendukung program pemerintah, yaitu turut serta memulihkan ekonomi nasional, diawali pada sektor pariwisata yang terdampak oleh Pandemi Covid-19 ini.

Direktur SDM SUCOFINDO menuturkan bahwa kerja sama ini merupakan suatu wujud kerja BUMN yang bergerak cepat sesuai dengan perannya dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Rozain memaparkan sinergi ini diharapkan dapat membantu pemerintah untuk mendorong implementasi New Normal. “Melalui sinergi ini mampu membantu menggerakkan roda perekonomian nasional, diawali dari sektor pariwisata, dalam memberikan pemastian semua infrastruktur di tempat wisata, restoran, hotel, trasportasi umum, dan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” jelas Rozain.

SUCOFINDO saat ini telah menghadirkan jasa Sertifikasi Arise. Rozain menuturkan “Jasa Sertifikasi Arise untuk industri pariwisata ini mampu mendukung pelaku usaha untuk bangkit berusaha dengan menjaminkan perlindungan konsumen dalam tatanan New Normal. 

Rozain menjelaskan bahwa sertifikasi ARISE ini dapat menjadi pedoman dan panduan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan tata aturan New Normal.

SUCOFINDO bersinergi dengan PERTAMEDIKA IHC dalam melakukan medical tourism test dan certification, khususnya pemeriksaan test Covid-19 yang terintegrasi dengan sistem informasi, yang dapat membantu proses tracing, serta kegiatan monitoring Disinfeksi dan kesehatan secara berkala untuk pelaku usaha dalam memastikan semua infrastruktur bersih dan hygiene dari virus dan bakteri.   

Selain itu SUCOFINDO dapat membantu PERTAMINA IHC dalam melakukan inspeksi infrastruktur pada rumah sakit BUMN, melakukan monitoring disinfektan, melakukan Pengujian APD dan Medical Apparel, pengujian sterilitas Alat Kesehatan, melakukan kalibrasi berbagai alat kesehatan, Sertifikasi Keamanan Infrastruktur dan kegiatan lainnya yang terkait dengan inspeksi, pengujian, dan sertifikasi Food Inspection dan Certification.

Direktur Transformasi Bisnis Pertamedika IHC, Rainier Haryanto menjelaskan bahwa sinergi ini adalah untuk mendukung usaha dan upaya Pemerintah Indonesia, serta Institusi atau lembaga agar seluruh elemen dan pelaku ekonomi di Indonesia dapat menjalankan lagi roda usahanya namun tetap dalam koridor keamanan dan kesehatan (health & safety) terkait dengan pencegahan penyebaran dan mitigasi epidemi COVID 19.

“PERTAMEDIKA IHC siap mendukung penuh SUCOFINDO dalam pemeriksaan dan monitoring kesehatan bagi para penyedia jasa ekonomi dimana salah satunya adalah industri pariwisata. Pelayanan kami siap diberikan  kepada perusahaan/jasa Transportasi, Hotel, Rumah Sakit, Restoran, Destinasi Wisata, wilayah komersial, Penyelenggara Acara / Event Organizer, dimana didalamnya termasuk tes covid bagi para pengguna jasa, wisatawan dari dalam negeri dan manca Negara“. Lebih jauh, Rainier Haryanto menjelaskan juga bahwa PERTAMEDIKA IHC dapat memberikan pelatihan-pelatihan mengenai prosedur keamanan kesehatan terkait Covid-19 sebagai bagian dari inisiatif ini.  “Hal ini menjadi bentuk peran nyata PERTAMEDIKA IHC & SUCOFINDO dalam mendorong pemulihan perekonomian Negara”, tegas Rainier.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                    -----                                                   

 

PT Pertamina Bina Medika IHC

PT Pertamina Bina Medika Indonesia Health Care atau PERTAMEDIKA IHC adalah Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di industri layanan kesehatan dan PERTAMEDIKA IHC memiliki sejarah awal menaungi 14 RS Pertamina di seluruh Indonesia, 4 Rumah Sakit Kerja Sama Operasi dan 34 poliklinik. Pada tahun 2020 PERTAMEDIKA IHC melakukan proses akuisisi beberapa PT RS BUMN, dan hingga kini telah memiliki 35 jaringan rumah sakit serta 120 klinik di seluruh Indonesia serta menjadikannya sebagai jaringan Rumah Sakit kedua terbesar di Indonesia. Hal ini sejalan dengan program pemerintah Republik Indonesia untuk mengonsolidasikan rumah sakit yang dimiliki BUMN dimana, PT Pertamina Bina Medika ditunjuk oleh Kementerian BUMN RI menjadi Holding RS BUMN.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Eka Abdullah

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon          : +62 21 798 3666

Faksimili        : +62 21 798 3888

Email              : ekaa@sucofindo.co.id

Mobile            : +62.81285971751

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id

 

Corporate Communication Pertamedika IHC

R.Ken Andarini A

Telepon          : +62 21 7219299

Faksimili        : +62 21 7247006

Email              : rachmi.andarini@pertamedika.co.id

Mobile            : +62.81212875578

www.pertamedika.co.id