SUCOFINDO PERMUDAH PELANGGAN DENGAN RILIS REMOTE AUDIT JASA SERTIFIKASI DI MASA PANDEMI

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 22:54


Jakarta, 15/8PT SUCOFINDO (Persero) memberlakukan Remote Audit untuk jasa Sertifikasi sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan menegakkan aturan jaga jarak atau physical distancing. “Mengingat kondisi pandemi yang belum dapat dipastikan akhir waktunya, Remote Audit Sucofindo mampu mengakomodir kebutuhan pelanggan terkait kebutuhan sertifikasi ataupun menjaga proses sertifikasi yang ada, dan ini merupakan komitmen kami  sebagai BUMN yang mengutamakan Fokus Pelanggan sesuai dengan misi #BUMNKerjaDariHati, tutur Direktur Komersial 1 PT SUCOFINDO (Persero) Herliana Dewi.

Remote audit tetap mengacu pada ketentuan Komite Akreditasi Nasional (KAN) terkait Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Sertifikasi, Verifikasi dan Validasi sebagai suatu upaya dalam rangka menjaga keberlangsungan usaha perusahaan “Dalam penggunaan teknologi dan sharing document, SUCOFINDO menjamin kerahasiaan dari dokumen tersebut dan keamanan pelanggan. Remote Audit ini juga lebih efisien dalam waktu dan cost perjalanan,” ujar Herliana Dewi.

Selain itu, Remote Audit sertifikasi ini juga mampu memelihara sertifikat yang sudah didapat oleh pelanggan. “Para pelanggan dapat tetap mempertahankan sertifikat yang selama ini telah diperoleh sesuai dengan jatuh tempo kegiatan sertifikasi, sehingga sertifikat yang telah diterima oleh pelanggan tidak dibekukan ataupun dicabut,” kata Herliana.

Remote Audit sertifikasi ini merupakan audit jarak jauh tanpa mengunjungi lokasi, baik secara keseluruhan dan atau dilakukan secara sebagian dengan memanfaatkan teknologi. Mekanisme Remote Audit sertifikasi ini dilakukan melalui media komunikasi seperti sharing document sesuai dengan kebutuhan audit melalui link document dan aplikasi online meeting yang disepakati bersama dengan pelanggan.

Herliana menambahkan bahwa menggunakan Remote Audit Sertifikasi ini dapat mengakomodir beragam sertifikasi ISO mulai dari aspek kegiatan perusahaan seperti lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, keamanan pangan, dan keamanan sistem informasi, serta mutu produk. Para pelanggan dapat mengajukan permohonan Remote Audit dan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti koneksi internet dan aplikasi meeting online yang telah disepakati bersama, serta kebutuhan penunjang sertifikasi, yakni dokumen administrasi dalam bentuk soft copy atau salinan digital. 

Dalam implementasi Physical Distancing, PT SUCOFINDO (Persero) juga mengadakan pelatihan online yang meliputi pelatihan Sistem Manajemen yang berbasis ISO, serta Eco Framework, seperti PROPER (Program Pemeriksa Kinerja Perusahaan) dalam pengelolaan lingkungan hidup dan LCA (Life Cycle Assessment). “Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan pemahaman teknik dan metode audit yang baik, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan. Pemateri kami adalah Lead Auditor PT SUCOFINDO (Persero) yang sudah mempunyai kompetensi dalam memberikan pelatihan,” kata Herliana.

Selanjutnya, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 PT SUCOFINDO (Persero) saat ini dapat memberikan layanan jasa untuk industri Kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan, dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan disinfektan, pemastian terhadap Hygiene Industri, dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Eka Abdullah

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon             : +62 21 798 3666

Faksimili            : +62 21 798 3888

Email                  : ekaa@sucofindo.co.id

Mobile                : +62.81285971751

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id