SUCOFINDO MANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PROTOKOL KETAT HADAPI NEW NORMAL

Sabtu, 06 Juni 2020 | 03:12


Jakarta (5/6) – Melaksanakan Surat Edaran Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Nomor S-336/MBU/2020 mengenai Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, PT SUCOFINDO (Persero) siap untuk menerapkan  skenario New Normal tersebut dengan telah mempersiapkan perubahan cara pelayanan, dan protokol perusahaan selama menjalankan operasional perusahaan pada masa pandemi.

Pada kesempatan Halal Bihalal secara daring, yang diikuti oleh Jajaran Dewan Komisaris, Direksi dan pegawai Sucofindo seluruh Indonesia, Direktur Utama SUCOFINDO Bachder Djohan Buddin menyampaikan implementasi New Normal akan membawa perubahan pada cara berfikir, bertindak dan dalam melakukan pekerjaan.

Bachder mengatakan, “Kondisi ini bagi orang yang optimis adalah sebuah kesempatan emas untuk melakukan perubahan dan melakukan hal yang baik dan tepat untuk perusahaan, oleh karenanya, saat ini Perusahaan sudah mempersiapkan protokol  dalam bekerja dan beroperasi dalam kondisi New Normal.”  

Dalam penerapan New Normal SUCOFINDO telah menyiapkan beberapa hal, yaitu pemanfaatan teknologi informasi untuk menyediakan layanan digital,  dan protokol guna memastikan kesehatan dan keselamatan kerja dalam masa wabah pandemi Covid-19. Protokol tersebut di antaranya mengatur mengenai pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan kantor dan interaksi sosial.

Pemanfaatan teknologi informasi menjadi langkah yang dijalankan SUCOFINDO dalam pelaksanaan New Normal ini yang berlaku tidak hanya bagi pegawai namun juga bagi pihak stakholder.

Bachder memaparkan, “Dalam menerapkan New Normal SUCOFINDO melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 dengan penggunaan teknologi informasi salah satunya dengan mengutamakan pertemuan atau pelatihan secara daring atau online, menggunakan digital signature untuk penandatangan surat/laporan dan mengutamakan pembayaran secara cashless.”

Lebih lanjut Bachder menambahkan, “Proses kerja beberapa jasa SUCOFINDO mulai berubah mengikuti implementasi New Normal seperti pelaksanakan pelatihan secara online dan kegiatan audit dilakukan secara remote audit.”

Selain itu, SUCOFINDO prioritaskan dalam memberikan layanan jasa untuk industri Kesehatan, yaitu memberikan pemastian mutu pada peralatan kesehatan dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES), pengujian pada produk handsanitizer dan cairan disinfektan dan mampu melayani jasa spraying disinfektan di cabang-cabang SUCOFINDO yang termasuk dalam wilayah redzone.

 

SUCOFINDO juga telah membentuk Task Forced, untuk menyusun protokol pencegahan COVID-19 untuk pegawai di area kerja, maupun di area publik.

Salah satu bentuk implementasinya adalah kewajiban pemakaian masker, dilakukan pengukuran suhu tubuh bagi yang akan memasuki gedung Graha SUCOFINDO dengan menggunakan thermo gun, menerapkan physical distancing yang salah satunya mengikuti tata cara penggunaan lift yang berjarak.

SUCOFINDO juga telah melakukan penataan ruangan yang berjarak dan rutin penyemprotan cairan disinfektan selama dua minggu sekali di dalam kantor. Selain itu terdapat protokol pelaksanaan pekerjaan lapangan (offsite) dengan salah satunya pemakaian APD lengkap sesuai dengan standar operasional industri.

 

“Khusus kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak COVID-19, SUCOFINDO juga turut menyalurkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan dalam menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat maupun pihak medis di beberapa wilayah seperti Jakarta, Jambi dan Makassar sebagai wujud implementasi BUMN Untuk Indonesia,” tutup Bachder.  

 

Tentang SUCOFINDO

 

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                    

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Eka Abdullah

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : ekaa@sucofindo.co.id

Mobile                  : +62  812  804  544  90

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id