SUCOFINDO Raih Penghargaan Emerging Industry Leader di Ajang BUMN Performance Execellence Award (BPEA) 2020

Kamis, 05 Maret 2020 | 13:01


Jakarta, (4/3) PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan sebagai Emerging Industry Leader  dalam ajang “BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020”  di Kempinski Grandballroom. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Umum Forum Eksellen BUMN Agung Yunanto dan Ketua Panitia High Level Forum, FEB  (Forum Ekselen BUMN) Firmanto Purdy yang diterima langsung oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin.

 

“Penghargaan BUMN Perfomance Excelence Award (BPEA) ini diberikan atas pencapaian tingkat kinerja ekselen perusahaan yang mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak 2012,” kata Ketua Umum Forum Ekselen BUMN Agung Yunanto.

 

Selanjutnya, Agung berharap tiap perusahaan yang mendapat apresiasi ini dapat terus menjaga komitmen menjadi perusahaan ekselen. “Tak hanya itu, perusahaan terpilih juga harus memiliki semangat dalam membangun daya saing gobal untuk terus dipelihara dan ditingkatkan, terlebih ditengah situasi ekonomi dan persaingan global yang semakin ketat serta penuh ketidakpastian,” kata Agung.

 

Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) juga sangat berterima kasih dalam apresiasi dan kepercayaan yang telah diberikan sebagai Emerging Industry Leader. “Penghargaan ini sebagai wujud bahwa SUCOFINDO berkomitmen dalam menerapkan kriteria dalam KPKU, seperti aspek Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus Pelanggan, Pengukuran Analisis dan Manajemen Pengetahuan, Fokus Tenaga Kerja, Fokus Operasi dan Kinerja Hasil ,” kata Bachder di sela-sela acara.

 

Bachder berharap kedepannya SUCOFINDO terus meningkatkan implementasi KPKU di perusahaan untuk mewujudkan kinerja ekselen.

 

BPEA tahun ini memberikan apresiasi kepada 39 BUMN yang mendapat predikat Good Performance (GP), 22 BUMN dengan predikat Emerging Industry Leader (EIL), dan 9 BUMN dengan predikat Industry Leader (IL). “Semua ini terpilih dari 100 BUMN yang telah dinilai oleh tim asesor KPKU Forum Ekeselen BUMN berdasarkan serangkaian proses pendampingan asesmen oleh FEB,” kata Agung.

 

Pada kesempatan yang sama, Bachder mengatakan menyambut baik himbauan Kementerian BUMN agar setiap BUMN menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan berbasis ISO 37001-2016.  Dalam hal ini, SUCOFINDO mendukung hal tersebut dengan menyediakan jasa layanan audit dan sertifikasi sistem manajemen anti penyuapan yang berdasarkan ISO 37001-2016 tersebut.

 

Layanan ini dapat membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani serta kontrol terhadap sistem manajemen yang berbasis GCG serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan anti penyuapan dan komitmen sukarela sesuai dengan aktivitas dalam sistem manajemen.  

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Untuk menjawab tantangan global yang semakin dinamis, SUCOFINDO terus berupaya dalam melakukan inovasi untuk mendukung layanan jasa kepada pelanggan.

 

Salah satunya SUCOFINDO telah menerbitkan Green Port Guideline. Mengantisipasi sektor telekomunikasi dan industri 4.0 yang berkembang cepat, SUCOFINDO mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Handphone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT). 

 

Tak hanya itu, melihat kebutuhan masyarakat lndonesia untuk memudahkan pelanggan dalam  memperoleh Jasa Laboratorium Halal juga membantu pemerintah memenuhi regulasi Undang-Undang (UU) nomor 33 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2019 SUCOFINDO telah memiliki laboratorium Uji Produk Halal.

 

Tentang SUCOFINDO

PT SUCOFINDO  (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis SUCOFINDO  bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO  melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO  memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                     

 

Contact Person:  

Iwan Eddy Himawanto Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Mob. +62.81291119163 email.  iwaneddy@sucofindo.co.id

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO  (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.sucofindo .co.id