Wujudkan SDM Unggul melalui Literasi Membaca, Sucofindo Resmikan Taman Bacaan Masyarakat di Kebumen

Selasa, 26 November 2019 | 09:08


Kebumen (22/11) – Dalam upaya meningkatkan literasi membaca bagi pada generasi muda sekaligus menyukseskan Gerakan Cinta Baca Nasional guna wujudkan SDM Unggul, PT SUCOFINDO (Persero) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan fasilitas sarana dan prasarana dalam membangun dan meresmikan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Jatiluhur Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh Kepala Desa Jatiluhur Supriyono, Kepala Unit Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Eka Abdullah SUCOFINDO dan Kepala Cabang Semarang SUCOFINDO Edi Sugiarto. 

Di era zaman teknologi saat ini, interaksi dan literasi membaca para generasi muda bertransformasi ke dalam bentuk digital sehingga tujuan didirikannya taman bacaan ini adalah budaya membaca buku juga interaksi sosial secara langsung semakin berkembang dan meningkat. 

Taman Bacaan Masyarakat yang terletak di Balai Desa Jatiluhur ini merupakan salah satu tempat bagi para generasi muda untuk saling berinteraksi sosial, seperti berdiskusi. “Di zaman yang sudah penuh dengan teknologi ini, kami ingin membangun tempat bagi para generasi muda untuk memiliki ruang dalam berinteraksi sosial juga menanamkan budaya membaca sejak kecil.” Ujar Eka, Kepala Unit PKBL. 

“Kami menyediakan beragam buku yang dapat dipinjam dan dibaca di rumah para rumah warga. Selain itu, di tempat Taman Bacaan ini dilengkapi dengan fasilitas pemutaran video beredukasi sehingga para pengunjung Taman Baca dapat melakukan diskusi tentang video tersebut,” Lanjut Eka. 

Buku yang ditawarkan di Taman Bacaan Masyarakat sejumlah 500 eksemplar dengan 250 judul buku dari beragam jenis bacaan, dimulai dari buku pelajaran, buku cerita hingga buku wirausaha tersedia di Taman Baca ini. 

Antusiasme warga Desa Jatiluhur cukup tinggi dengan diresmikannya Taman Bacaan Masyarakat yang merupakan wadah bagi mereka dalam menyalurkan hobi selain membaca yaitu berwirausaha.  

“Selanjutnya dengan adanya Taman Bacaan ini kami memiliki program untuk memberikan sosialisasi wirausaha kepada para remaja dan kami berencana untuk memberikan studi banding mengenai wirausaha sapi perah.” Tutur Edi Kepala Cabang Semarang.

Diharapkan melalui Taman Bacaan Masyarakat ini memberikan dampak positif sebagai bekal bagi para generasi muda untuk jangka panjang dalam mewujudkan SDM yang Unggul.

“Kontribusi nyata SUCOFINDO dalam bidang pendidikan untuk mewujudkan SDM Bangsa Indonesia yang unggul salah satunya melalui Taman Bacaan Masyarakat sehingga memberikan ilmu yang luas untuk menjadi bekal mereka nanti,” jelas Eka.