SUCOFINDO GELAR RAPIMNAS 2019, WUJUDKAN KEUNGGULAN PERTUMBUHAN MELALUI INOVASI DAN TEKNOLOGI

Sabtu, 26 Oktober 2019 | 17:13


Jakarta, (25/10) – PT SUCOFINDO (Persero) gelar Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) 2019 yang bertajuk “Sinergi Menuju Keunggulan:Pertumbuhan Melalui Inovasi dan Teknologi”. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia Achmad Sigit Dwiwahjono, Komisaris Utama SUCOFINDO Veri Anggrijono dan segenap jajaran Direksi SUCOFINDO.

Veri Anggrijono menyampaikan bahwa, “SUCOFINDO sebagai BUMN yang bergerak di bidang Testing, Inspection and Certification (TIC) kedepannya akan menghadapi tantangan yang berat. Namun saya berbangga melihat kinerja perusahaan yang tetap dapat menunjukkan daya tahan dan daya saing di tengah kondisi tersebut.”

“Terlepas dari kinerja yang positif tersebut, kita tidak boleh lengah untuk untuk terus mengantisipasi tantangan yang semakin meningkat kedepannya. Tantangan yang akan dihadapi perusahaan akan semakin besar mengingat ketidakpastian ekonomi global yang akan juga berpengaruh kepada kondisi ekonomi di Indonesia,” lanjut Veri.

Veri berharap SUCOFINDO akan terus bahu-membahu dalam untuk mengembangkan strategi, kebijakan, program serta inisiatif untuk terus mendorong kinerja perusahaan di tahun 2020, sehingga SUCOFINDO mampu berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia secara umum.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen KEMENPERIN RI Achmad Sigit, memberikan arahan strategis sekaligus secara resmi membuka kegiatan RAPIMNAS 2019. “Selama ini SUCOFINDO selalu membantu Kementerian Perindustrian secara terus menerus dalam rangka memberikan sertifikasi, penelusuran dan beragam pengujian maupun langkah-langkah yang Kementerian Perindustrian maupun Kementerian lain keluarkan,”ujar Sigit.

Sigit menyampaikan bahwa tahun 2020, program pemerintah akan diarahkan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia kearah Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan bonus demografi menjadi daya dukung partumbuhan industri.

Saya berharap, SUCOFINDO dapat berperan di Industri 4.0, program vocasi, dan program sertifikasi produk sebagai langkah untuk peningkatan daya saing industri. Untuk itu, kami menanti kehadiran insan SUCOFINDO untuk hadir menjadi mitra diskusi dan mitra solusi, khususnya namun tidak terbatas hal tersebut,” tutur Sigit.

Direktur Utama SUCOFINDO, Bachder Djohan Buddin, menjelaskan bahwa kegiatan RAPIMNAS bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan tahun 2019 serta memberikan arahan dan motivasi kepada unit kerja untuk pencapaian RKAP tahun 2020 khususnya serta kebijakan kebijakan manajemen lainnya.

“Penyusunan RKAP 2020 dilakukan dengan memperhatikan asumsi-asumsi kondisi ekonomi Indonesia, realisasi kinerja dan prognosis anggaran tahun 2019 serta peristiwa dan kecenderungan yang mungkin terjadi maupun tantangan yang bakal dihadapi pada tahun 2020 untuk industri TIC,” jelas Bachder.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis, Budi Hartanto mengatakan bahwa Perseroan memiliki prognosis laba tahun berjalan sebesar sebesar 344,9 Miliar atau 100,2 persen dari tahun sebelumnya. Dan melalui Rapimnas ini, perseroan mengusulkan RKAP Tahun 2020 dengan Target Pendapatan Perseroan adalah sebesar Rp. 2,94 Triliun dengan Laba bersih sebesar 388,6  Miliar.

Pada acara tersebut, Bachder memberikan apresiasi terhadap kinerja yang dihasilkan oleh seluruh unit kerja pegawai SUCOFINDO atas upaya yang telah dilakukan untuk mencapai target yang diberikan dalam rangka meningkatkan efisiensi maupun mendorong pertumbuhan. “Upaya-upaya yang dilakukan dalam mencapai target tersebut, masih perlu dibiasakan menjadi disiplin yang memberikan kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan,” ujar Bachder.

SUCOFINDO juga terus memberikan langkah-langkah konkrit guna memberikan nilai tambah layanan jasa yang diberikan kepada pelanggan, salah satu usaha yang diberikan yaitu melalui peresmian fasilitas laboratorium pengujian untuk Produk Halal, Radio Frekuensi, Fotobiologis, dan Chamber & Sterilitas Alat Kesehatan.

Laboratorium pengujian produk halal didirikan guna memudahkan pelanggan dalam  memperoleh Jasa Laboratorium dalam membantu pemerintah memenuhi regulasi Undang-Undang (UU) nomor 33 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 31 tahun 2019.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam penerapan regulasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan membantu memastikan produk yang beredar memenuhi standar sehingga konsumen dapat memperoleh produk yang aman dan berkualitas, Laboratorium SUCOFINDO mampu memberikan pelayanan terbarunya dalam pengujian radio frekuensi untuk produk telekomunikasi serta pengujian fotobiologis untuk produk luminer (produk pencahayaan).

Bachder menghimbau dengan segala upaya dan kerja keras yang diberikan selama setahun penuh ini akan terus berlanjut di tahun 2020 dalam memberikan inovasi bagi perusahaan.

Di tahun 2020 kita perlu melanjutkan sejumlah penyikapan maupun tindakan yang telah membawa perubahan positif atau tindakan-tindakan yang membuahkan inovasi yang bermanfaat bagi perusahaan,” tutup Bachder.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

Sucofindo memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----                                                    

 

Contact Person:  

Iwan Eddy Himawanto Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Mob. +62.81291119163 email.  iwaneddy@sucofindo.co.id

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.sucofindo.co.id