SUCOFINDO Serahkan Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan kepada PHKT & PHE Siak Kampar

Rabu, 04 September 2019 | 17:15


Jakarta, (3/9) PT SUCOFINDO (Persero) memberikan sertifikat ISO 14001:2015 kepada PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dan PT Pertamina Hulu Energi Kampar (PHE) Siak Kampar. Penyerahan sertifikat kepada PHKT ini diberikan oleh Direktur Komersial 2 SUCOFINDO, M.Haris Witjaksono dan diterima langsung oleh Feri Sri Wibowo selaku Direktur PHKT dan disaksikan oleh Dwi Mandiri selaku Komisaris PHKT yang bertempat di Graha Elnusa. Kemudian, pemberian sertifikat kepada PHE Siak Kampar diberikan oleh Kepala SBU Sertifikasi & Ecoframework, Triyan Aidilfitri kepada Rizaldi Winant selaku General Manager PHE Siak Kampar bertempat di Perkantoran Hijau Arkadia.

Pada kesempatan ini, Haris menyampaikan apresiasinya kepada PHKT atas keberhasilannya dalam meraih Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan SNI ISO 14001:2015, dengan ruang lingkup sertifikasi yaitu: Oil & Gas Exploration and Production Facilities (Platform, Pipeline, Submarine Cable, Process Facilities, Waste Water Treatment, Flaring, Hazardous Waste, Hazardous Warehouse), Office and Accomodation Facility, Workshop, Power Generation, Drilling and Completion.

“Kami menyadari bahwa aktivitas PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur telah mempertimbangkan aspek pengelolaan lingkungan sehingga dampak yang ditimbulkannya dapat dikendalikan secara memadai,” ucap Haris dalam sambutannya.

Selain itu Haris menjelaskan bahwa hal tersebut patut dihargai atas komitmen yang dimiliki oleh manajemen puncak untuk menerapkan ISO 14001:2015 dengan landasan pemikiran agar terus melakukan penyempurnaan berkelanjutan dalam setiap aktivitasnya.

“Konsekuensi dari penerapan Sistem Manajemen Lingkungan di PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur adalah harus dipenuhinya beberapa persyaratan standar sesuai dengan ruang lingkup penerapan Sistem Manajemen Lingkungan,” jelas Haris.

Pemenuhan standar penerapan ISO 14001:2015 yang harus dipenuhi antara lain menuntut organisasi yang menerapkannya untuk mengidentifikasi sasaran organisasi dan menentukan proses serta sumberdaya yang diperlukan sehingga mampu mencapai hasil yang diinginkan.

Haris berharap dengan diberikannya sertifikat ISO 14001:2015 kepada PHKT maka perbaikan dan perubahan akan diupayakan untuk peningkatan yang berkelanjutan dalam berbagai lini pekerjaan dan perumusan serta pelaksanaan kebijakan.

”Kami mengucapkan sukses dan apresiasi atas usaha yang telah dilakukan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur hingga diraihnya sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015. Ke depannya, kami siap untuk mendukung PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur dalam lingkup sertifikasi lainnya,” tutur Haris.

Pada kesempatan yang sama SUCOFINDO juga menyerahkan Sertifikat ISO 14001 : 2015 kepada PT Pertamina Hulu Energi Kampar (PHE) Siak Kampar dengan ruang lingkup diantaranya Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi dengan Distrik Pelalawan meliputi lapangan Merbau Station, Kerumutan Station, Kayu Ara Station, Distrik Indragiri Hulu meliputi lapangan Binio, Pekan, Parum dan SPU Sei Karas,  Aktivitas Operasional, HSSE, TPS LB3, WWTP, HR Relation dan Top Manajemen.

Upaya yang dilakukan PHE Siak Kampar dalam mengimplementasikan Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan diharapkan dapat mengarah kepada pengurangan limbah melalui penghematan sumber daya bahan baku seperti energi, air, dan sumber daya lainnya, sehingga akan memberi citra positif kepada PT Pertamina Hulu Energi Kampar sebagai perusahaan yang peduli terhadap lingkungan sejak awal hingga akhir proses.

Selain melayani Sertifikasi ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan, SUCOFINDO juga melayani Sertifikasi SNI ISO 28000:2009 Sistem Manajemen Keamanan pada Rantai Pasokan juga beragam jasa sertifikasi lainnya. Seperti Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000:2018, Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001:2013, Sistem Manajamen Anti Penyuapan ISO 37001:2016, Sistem Manajemen KeseIamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018, berdasarkan PP 50 tahun 2012 ISO 50001:2018 Sistem Manajemen Energi, dan SUCOFINDO telah menerbitkan lebih dari 800 sertifikat SNI Produk untuk berbagai kategori. Mulai dari kategori produk Peralatan Keamanan (sepatu pengamanan), Peralatan Pengukuran (meter air), produk Elektronik dan Peralatan listrik, Pertanian (pupuk), Bahan Makan hingga sertifikat produk SNI diantaranya dalam produk mesin cuci, kipas angin, refrigerator, dan air conditioner (AC) dan yang terbaru di antaranya adalah Sertifikat Produk SNI Pelumas juga Audio dan Video.  

Tentang Sucofindo

PT Sucofindo (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

Bisnis Sucofindo bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian Sucofindo melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

Sucofindo memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                    -----                                                    

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon           : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email               : iwaneddy@sucofindo.co.id

Mobile             : +62.81291119163

Informasi ini tersedia di www.sucofindo.co.id