SUCOFINDO Meraih TOP GRC 2019 #4 Stars dan The Most Committed GRC Leader 2019 dalam Upaya Membangun Bisnis Berkelanjutan

Kamis, 22 Agustus 2019 | 16:20


Jakarta, (22/8) PT SUCOFINDO (Persero), Meraih 2 penghargaan dalam ajang GRC Summit 2019 sebagai Top GRC 2019 #4 stars dan most committed GRC Leader 2019 yang diberikan oleh Founder & President of Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Carole Switzer yang didampingi oleh Ketua Penyelenggara GRC Summit 2019 sekaligus ketua Tim Penilai dan Dewan Juri, Antonius Alijoyo dan Penerima Corporation Award, Mas Ahmad Daniri kepada Direktur Utama Sucofindo, Bachder Djohan Buddin. Penghargaan ini diberikan dalam acara Top GRC 2019 yang dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta. Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo, Budi Hartanto.

Penghargaan yang diperoleh Sucofindo ini berdasarkan penilaian pada sistem, infrastruktur dan implementasi Tata Kelola Perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan di perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penilaian tersebut Sucofindo telah berada di tingkat Sangat Baik, sehingga dapat mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berkelanjutan. 

 “Sucofindo sebagai perusahaan jasa ICT (Inspection, Certification dan Testing) mengutamakan integritas untuk meraih kepercayaan pelanggan. Selain itu jasa kami banyak digunakan untuk mitigasi risiko dan peningkatan daya saing pelaku usaha. Dalam pengelolaan perusahaan kami menerapkan prinsip-prinsip GCG, Manajemen Risiko dan Compliance. Diharapkan dengan ajang ini Sucofindo dapat mengevaluasi penerapan hal tersebut dan memperbaiki untuk peningkatan penerapan GRC, karena dengan hal tersebut kami meraih kepercayaan pelanggan. Sebagai contoh kami dianugerahi predikat  The Best Vendor Score in MySAP dalam ajang Vendor Day 2018 PT Pertamina (Persero). Selain itu ada beberapa pelanggan mengaudit kami tentang aspek pengelolaan risiko selama kami menjadi mitra kerja mereka.” ungkap Bachder Djohan Buddin di sela-sela acara.

Top GRC 2019 adalah kegiatan pembelajaran bersama tentang Governance, Risk, & Compliance (GRC) sekaligus apresiasi atau pemberian penghargaan kepada perusahaan yang dinilai berkinerja baik dan telah menerapkan GRC dalam pengelolaan usaha bisnisnya

“Kegiatan ini akan mendorong tumbuhnya bisnis perusahaan yang berkelanjutan sehingga dapat menopang percepatan pembangunan perekonomian nasional. Hal ini tentunya juga sejalan dalam mewujudkan Visi Misi Indonesia Maju 2019-2024 terkait dengan peningkatan investasi guna mempercepat pembangunan nasional,” Ungkap Staf Ahli Bidang Pembangunan Daerah, Bobby Hamzar Rafinus mewakili Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution.

Kegiatan Top GRC 2019 diselenggarakan oleh majalah Top Business bekerja sama dengan KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), dan ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), Asia Business Research Center, serta didukung oleh beberapa perusahaan konsultan GCG dan Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, seperti PT Sinergi Daya Prima, SGL Management, Dwika Consulting, Melani K Harriman & Associate, Intellectual Business Community.

”Melalui kegiatan Top GRC 2019 ini, diharapkan terjadi proses pembelajaran dan peningkatan komitmen serta implementasi GRC di perusahaan sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional” ungkap Lutfi Handayani selaku ketua penyelenggara Top GRC 2019

Sebagai perusahaan inspeksi dan pengujian terbesar, Sucofindo telah menerapkan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya penyuapan di dalam perusahaan. Sucofindo turut membantu perusahaan di Indonesia dengan menyediakan jasa layanan audit sistem manajemen anti penyuapan yang berdasarkan ISO 37001-2016. Layanan ini dapat membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani serta kontrol terhadap sistem manajemen yg berbasis GCG serta mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan anti penyuapan dan komitmen sukarela yang sesuai dengan aktivitas dalam sistem manajemen.  

TENTANG SUCOFINDO

PT Superintending Company of Indonesia (Persero) (selanjutnya disebut “SCI”) didirikan dengan nama Superintending Company of Indonesia Ltd., berdasarkan akta No. 42 tanggal 22 Oktober 1956. SCI merupakan perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan pada saat pendiriannya, SCI bertanggung jawab dalam menyediakan jasa inspeksi atas komoditas pertanian, memastikan kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara dalam perdagangan ekspor-impor.

Seiring dengan perkembangan pasar dan meningkatnya kebutuhan industri atas jasa testing, inspection, and certification, SCI melakukan diversifikasi lini bisnis dengan menawarkan berbagai jasa tambahan kepada berbagai industri yang ada di Indonesia. Porsi kepemilikan saham SCI oleh Pemerintah dan SGS juga telah beberapa kali diubah dengan struktur kepemilikan saham terakhir sebesar 95% milik Pemerintah dan 5% milik SGS hingga sekarang.

Maksud dan tujuan Perusahaan adalah untuk melakukan usaha di bidang jasa Survei dan Inspeksi serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Perusahaan untuk menghasilkan barang dan atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat untuk mendapatkan/mengejar keuntungan guna meningkatan nilai Perusahaan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

Layanan jasa yang ditawarkan oleh SCI saat ini mencakup inspeksi & audit, pengujian & analisa, layanan sertifikasi, layanan pelatihan, dan layanan konsultasi. Layanan tersebut ditawarkan kepada berbagai pelanggan swasta maupun pemerintah dalam berbagai sektor industri di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan

Telepon           : +62 21 798 3666

Faksimili          : +62 21 798 3888

Email               : iwaneddy@sucofindo.co.id

Informasi ini tersedia di www.sucofindo.co.id