SUCOFINDO JALIN KERJASAMA PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN UMKM NASIONAL DENGAN DIREKTORAT JENDERAL PAJAK (DJP)

Kamis, 02 Mei 2019 | 15:40


Jakarta (30/04) - PT SUCOFINDO (Persero) melakukan penandatanganan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Bachder Djohan Buddin, Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) dalam mendukung pembinaan UMKM Nasional melalui Program Business Development Services (BDS) bersama Direktorat Jenderal Pajak, Asosiasi Pengusaha Indonesia serta 26 BUMN dan instansi lainnya. Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan dan Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain, Gatot Trihargo di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta.

Ruang lingkup Perjanjian Kerjasama ini mencakup pemberian pelatihan dan bimbingan terkait materi perpajakan, pembukuan, pencatatan atau materi lainnya dalam program pembinaan perpajakan oleh DJP. Kerja sama ini nantinya diharapkan mampu membuat pelaku UMKM tumbuh lebih pesat dan semakin berdaya saing dengan kesadaran dan kepatuhan pajak yang tinggi.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan UMKM mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui kebijakan-kebijakan, salah satunya adalah menurunkan pajak untuk UMKM dari 1 % menjadi 0.5 %.

“Kita memberikan perhatian penuh kepada UMKM di mana mereka adalah pelaku dominan dari perkonomian Indonesia. Namun, dari sisi kewajiban UMKM masih perlu pembinaan, terutama dari pembukuan sampai men-design usahanya agar semakin berkembang,” jelas Sri Mulyani.

Deputi BUMN, Gatot Trihargo menyampaikan bahwa pendataan pajak  dan keuangan BUMN sektor UMKM harus host – to - host dengan Menteri Keuangan. “Sudah ada beberapa BUMN yang bekerjasama dengan  Dirjen Pajak, untuk 30 BUMN (targetnya) tahun ini harus dilakukan. Jadi, fokus dari BUMN adalah membangun dan meningkatkan administrasi sehingga akan lebih efisien  kedepannya,” papar Gatot.

 

Dalan sambutannya Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan berharap bahwa dengan mitra kerja tersebut akan ada penambahan wilayah program BDS dengan bersinergi dengan instansi, lembaga, dan asosiasi yang berkomitmen mengembangkan perekonomian informal dengan pendekatan end-to-end.

“Layanan BDS ini merupakan bagian dari strategi DJP meningkatkan kesadaran dan kepatuhan perpajakan sektor UMKM yang merupakan bagian penting dari ekonomi Indonesia,” kata Robert.               

SUCOFINDO sebagai perusahaan pengujian, inspeksi dan sertifikasi menyediakan beragam  layanan jasa salah satunya dalam bidang sertifikasi dalam kegiatan PKBL yang dimana hal tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pendampingan dan sertifikasi kepada BUMN maupun perusahaan lain dalam memenuhi persyaratan dan peningkatan program Mitra Binaan.

Dalam hal ini SUCOFINDO menyediakan layanan jasa CSR berbasis ISO 26000. Layanan jasa ini dilakukan untuk memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR.

 

 

Tentang SUCOFINDO

 PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.  

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 

                                                                                                                -----

 

 

Contact Person:  

Iwan Eddy Himawanto Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Mob. +62.81291119163 email.  iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

KepalaDivisiSekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id