SUCOFINDO RAIH LIMA PENGHARGAAN PADA BUMN MARKETEERS AWARDS 2019

Kamis, 25 April 2019 | 17:32


Jakarta (24/04) - PT SUCOFINDO (Persero) meraih lima penghargaan pada Malam Penganugerahan BUMN Marketeers Award 2019, dalam acara Official Ceremony Opening Session of Jakarta Marketing Week 2019, untuk Perusahaan BUMN dengan kategori “The Most Promising Company in Marketing 3.0”, “The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs”, “The Most Promising Company in Branding Campaign”, “The Most Promising Company in Tactical Marketing” dan “The Most Company in Strategic Marketing”  di Grand Atrium Kota Kasablanka yang dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan peran penting marketing dibutuhkan untuk menjadikan posisi DKI Jakarta sebagai salah satu kota global di dunia. Untuk mendukung hal tersebut maka harus diimplementasikan dan disupport oleh semua komponen baik untuk warga Jakarta maupun dunia internasional, selain itu produk yang ditawarkan harus bisa solid. “Saya berharap kegiatan Jakarta Marketing Week yang ke-tujuh ini bukan hanya menjadi ajang tukar pikiran namun juga bisa memunculkan ide-ide baru untuk menempatkan kota Jakarta sebagai kota global,”jelas Anies. 

Penjurian  dilakukan oleh Tim Manajemen MarkPlus, IncThe Jakarta CMO Club dan juga tokoh pemasaran yang tergabung dalam Indonesia Marketing Association. Penghargaan diberikan oleh Asmawi Syam, mewakili Menteri BUMN kepada Rozainbahri Noor selaku Direktur Sumber Daya dan Pengembangan Bisnis PT SUCOFINDO (Persero).

Dalam ajang  yang digelar oleh Markplus tersebut para pemasar BUMN berkesempatan untuk memaparkan keunggulan kinerja di tengah kondisi lingkungan usaha yang menantang melalui kreativitas, inovasi, entrepeneurship dan leadership. “Tantangan BUMN makin berat karena dihadapkan pada kondisi serba tidak bisa diprediksi, baik itu ekonomi, teknologi sampai politik.” Kata Hermawan Kartajaya, selaku Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Dengan adanya tantangan tersebut Hermawan menjelaskan bahwa perlu adanya pendekatan manajerial berbeda dengan mengedepankan kreativitas, inovasi, kewirausahaan dan kepemimpinan yang baik.

Penilaian ini ditinjau dari aspek Strategic & Tactical Brand, Marketing, Sales & Services,  termasuk yang terkait dengan Marketing 3.0. Berdasarkan aspek penilaian tersebut, PT SUCOFINDO (Persero) telah menerapkan beberapa strategi untuk menunjang kegiatan pemasaran dan pelayanan kepada pelanggan. 

“Pencapaian Visi Misi PT SUCOFINDO (Persero) didukung oleh setiap unsur strategi brand, product dan customer management. Strategi ini menunjang pencapaian kinerja pemasaran sepanjang 2018; antara lain tercapainya target pendapatan, meningkatnya loyalitas dan akuisisi pelanggan, serta market share” jelas Rozain usai penganugerahan BUMN Marketeers Award 2019.

Secara rutin, PT SUCOFINDO (Persero) melakukan survey kepuasan pelanggan untuk mengukur kualitas layanan yang diberikan. Pada tahun 2018, kepuasan pelanggan mencapai 86,17% meningkat dari tahun 2017 tercatat 83,6%.  Di samping itu, PT SUCOFINDO (Persero) mengalami kenaikan pendapatan konsolidasi pada tahun 2018 sebesar 2,63 triliun lebih besar dibanding tahun 2017, yaitu 2,04 triliun. Peningkatan laba juga terjadi  di tahun 2018 tercatat sebesar 294,5 milyar dari tahun 2017 yaitu 236, 7 milyar.

PT SUCOFINDO (Persero) terus berusaha melakukan Inovasi untuk mendukung layanan jasa kepada pelanggan. Salah satunya SUCOFINDO telah menerbitkan Green Port Guideline.  Layanan Jasa ini adalah untuk memenuhui kebutuhan upaya meningkatkan daya saing pelabuhan pelabuhan di Indonesia agar menjadi tujuan labuh kapal-kapal Internasional. Untuk layanan konsultansi dan sertifikasi Green Port, SUCOFINDO menyediakan lima layanan kegiatan, diantaranya adalah Blueprint Green Port, Pembuatan Teknis Implementasi Green Port, Audit Energi Pelabuhan & Port Reception Facility, Pelatihan Green Port dan Green Port Award.

Mengantisipasi sektor telekomunikasi dan industri 4.0 yang berkembang cepat, SUCOFINDO mengembangkan Laboratorium Pengujian untuk sektor Telekomunikasi dan Informasi, yang diawali dengan Laboratorium pengujian Radio Frekuensi (RF) untuk produk Hand phone, Komputer Genggam dan Tablet (HKT). 

Selain itu SUCOFINDO juga membentuk unit Sucofindo Technology yang menawarkan jasa pengelolaan Big Data, Internet of Things dan Enterprise Solution yang dikemas dalam berbagai model bisnis, termasuk dengan konsep Managed Services.

Sedangkan untuk aspek lingkungan dan sosial, PT SUCOFINDO (Persero) menyediakan layanan jasa CSR berbasis ISO 26000. Layanan jasa ini menyediakan jasa sertifikasi layanan CSR yang dilakukan untuk memastikan bantuan yang tepat guna dan tepat sasaran. Layanannya berupa social mapping, pendampingan kegiatan CSR, pelatihan ISO 26000, Community Satisfaction Index (CSI), dan penghitungan dampak CSR.

Sebagai bentuk peran PT SUCOFINDO (Persero) dalam menjaga kualitas layanan yang disediakan, PT SUCOFINDO (Persero) memilki program untuk memonitoring setiap perencanaan hingga pencapaian target penjualan. Target–target ini ditunjang dengan tenaga penjualan yang memiliki kapasitas dalam bidangnya.

 

Tentang SUCOFINDO

 PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.  

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                                                                                -----

Contact Person:  

Iwan Eddy Himawanto Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Mob. +62.81291119163 email.  iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

KepalaDivisiSekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id