Menuju SNI Award 2019, SUCOFINDO Dukung Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam Sosialisasi Peserta SNI Award 2019

Selasa, 23 April 2019 | 20:14


(24/04) Jakarta– PT SUCOFINDO (Persero) dukung Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Rekruitasi Peserta SNI Award 2019 yang ke-15 tahun. Acara inidilaksanakan di Graha SUCOFINDO. Kegiatan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, Zakiyah, Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT SUCOFINDO (Persero), Budi Hartanto dan Nandita Harmina, Sekretariat SNI Award – BSN.

Dalam kesempatan ini, Zakiyah, menyampaikan bahwa dalam kegiatan Sosialisasi SNI Award 2019 ini kepesertaan dibagi menjadi 12 kategori. Salah satu syarat peserta adalah organisasi atau perusahaan yang menerapakan SNI Sistem Manajemen Mutu dan SNI pada Produk. “Jadi kita ingin mengangkat bahwa standard produk-produk di Indonesia tidak kalah bagusnya dengan negara lain.” terang Zakiyah.

Nandita Harmina mengatakan bahwa ajang ini menjadi landasan program peningkatan kinerja organisasi dalam rangka meningkatkan daya saing nasional dan juga untuk membangun role model organisasi penerap SNI yang berkinerja baik. “Ajang SNI Award 2019 ini akan dinilai oleh 19 dewan juri yang profesional dan tentunya objektif dalam melakukan penilaian. Diantaranya adalah Rhenald Kasali sebagai ketua tim juri, Dwi Aroem Hadiatie sebagai wakil DPR RI dan Bhima Yudistira Adhinegara untuk mewakili (generasi) milenial” tambah Nandita. 

Lebih lanjut Budi Hartanto menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi & Rekruitasi SNI Award 2019 ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia bagi industri atau organisasi.  Dimana dalam kegiatan ini diikuti oleh 73 peserta dari 48 organisasi.

Disampaikan juga, melalui ajang tersebut perusahaan atau organisasi dapat memperluas wawasan di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian selain itu umpan balik hasil penilaian SNI Award nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi atau perusahaan.

“Kalau bukan kita, maka siapa lagi yang akan meningkatkan sertifikasi di Indonesia dan tentunya dengan kegiatan ini akan membuat kita mengetahui data real (lapangan) tentang produk-produk dan standar di Indonesia,” tutup Zakiyah.

Sertifikasi produk adalah pemberian jaminan tertulis dari pihak ketiga independen  bahwa suatu produk beserta proses yang mendukungnya telah memenuhi persyaratan kesehatan, keamanan, keselamatan dan lingkungan. Dalam hal ini SUCOFINDO memiliki jasa sertifikasi produk dan memiliki ruang lingkup yang telah terakreditasi oleh Komite Administrasi Nasional (KAN) sebanyak 164 skema jenis produk.

 

Sampai saat ini SUCOFINDO telah menerbitkan lebih dari 800 sertifikat SNI Produk untuk berbagai kategori. Mulai dari kategori produk Peralatan Keamanan (sepatu pengamanan), Peralatan Pengukuran (meter air), produk Elektronik dan Peralatan listrik, Pertanian (pupuk), bahan Makan hingga sertifikat SNI produk terbaru diantaranya dalam produk mesin cuci, kipas angin, refrigator, dan air conditioner (AC).

Dalam melakukan layanan sertifikasi produk, SUCOFINDO dapat mensertifikasi dan melakukan pengujian produk berdasarkan berbagai standard. Selain SNI, SUCOFINDO juga dapat melakukan sertifikasi produk untuk standard lainnya. Misalnya Standard ISO (pengujian beraneka ragam produk), IEC (pengujian peralatan elektronika dan produk kelistrikan), ASTM (pengujian petroleum, mainan, dantekstil) dan APHA, US EPA (pengujian lingkungan) dan AOAC (pengujian petrokimia).

 

Tentang SUCOFINDO

 

PT SUCOFINDO (Persero) adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. Sebagai BUMN, Pemerintah Indonesia merupakan pemegang saham utama dengan kepemilikan 95 persen.

 

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara. Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan dan berbagai kegiatan penunjang terkait, diantaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

 

SUCOFINDO memiliki 60 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

 

 

                                                                                                                -----

 

Contact Person:  

Iwan Eddy Himawanto Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan Mob. +62.81291119163 email.  iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

PT SUCOFINDO (Persero)

Iwan Eddy Himawanto

KepalaDivisiSekretariat Perusahaan

Telepon               : +62 21 798 3666

Faksimili             : +62 21 798 3888

Email                    : iwaneddy@SUCOFINDO.co.id

Informasi ini tersedia di www.SUCOFINDO.co.id