62 Tahun Berkarya, Sucofindo Tambah Kantor Layanan dan Bersinergi antar BUMN

Selasa, 30 Oktober 2018 | 09:23


Jakarta ¬(22/10) – Dalam rangka peningkatan kinerja dan pengembangan bisnis PT Sucofindo (Persero) menambah Kantor Layanan dan melakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama sinergi BUMN yaitu PT Pertamina (Persero), PT Bukit Asam (Persero), PT Semen Baturaja (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Waskita Karya Realty.

Peresmian Kantor Layanan dan Sinergi BUMN ini dilaksanakan pada pembukaan Rapat Pimpinan Nasional PT SUCOFINDO tepat pada hari ulang tahun yang ke 62, Senin (22/10) di Graha Sucofindo, Jakarta. 

Pada kesempatan tersebut, Imam Apriyanto, Sesmen BUMN meresmikan beberapa gedung baru Cabang Sucofindo yang berlokasi di Banjarmasin, Medan, Padang, Kendari serta Kantor Pelayanan di Ambon dan Jayapura. 

Penambahan Kantor Layanan di Jayapura ini adalah untuk membantu ekspor produk kayu olahan dari Papua ke China, dengan memberikan jasa pemeriksanaan ekspor selama 24 jam khusus untuk area Papua. Selain itu penambahan Kantor Layanan di Ambon adalah untuk membantu kelancaran perdagangan atau ekspor komoditi khas Nusantara dari Maluku, seperti lada, pala dan rempah lainnya. 

Pada peresmian gedung kantor cabang baru, Bachder Djohan Buddin, Dirut SUCOFINDO mengatakan, bahwa hal ini sebagai bentuk apresiasi untuk kinerja masing-masing cabang, diharapkan dapat memberi motivasi bagi pegawai dan meningkatkan citra perusahaan. Selain itu bekerja sama dengan PT Waskita Karya Realty, dilakukan untuk mengembangkan lahan kantor pusat Sucofindo dengan gedung baru guna mendukung peningkatan kinerja bisnis perusahaan.  

Di hari jadinya yang ke - 62, PT SUCOFINDO (PERSERO), mengadakan Rapat Pimpinan Nasional dengan mengusung tema “Pertumbuhan Inovasi dam Digitalisasi Proses Bisnis”.  Hal ini yang kemudian akan mewarnai arah strategis Perusahaan di tahun 2019 dalam upayanya meningkatkan kinerja perusahaan, papar Bachder.

Untuk mendukung Program Nawacita, SUCOFINDO terus melakukan sinergi BUMN, yaitu dengan PT Pertamina (Persero), dengan mendukung kegiatan operasional dari hulu hingga hilir sektor migas, dan pertambangan di lingkungan Pertamina. 

Hal ini seiring dengan upaya mewujudkan kedaulatan dan ketahanan Energi Nasional, dengan menyediakan jasa sertikasi onshore seismic data aquition, survey geology dan geotechnic, serta analisa energi panas bumi untuk Pertamina. Serta kerjasama lainnya dengan PT. Bukit Asam (Persero) untuk pengembangan pertambangan batubara seperti,jasa pertambangan dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), papar Bachder. 
 
Untuk mendukung mewujudkan tol laut, kerjasama juga dilakukan dengan PT ASDP Indonesia Ferry, khususnya untuk pengelolaan dan pelayanan, manajemen asset, manajemen pengolahan limbah B3 dan audit  dermaga pelabuhan di lingkungan ASDP. 

Sedangkan dengan PT. Semen Baturaja (Persero) adalah untuk mendukung upaya pengembangan infrastruktur, dengan menyediakan jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi untuk produksi dan distribusi semen,  jelas Bachder.

Dengan adanya kerjsama ini adalah merupakan bentuk implementasi sinergi BUMN serta dasar untuk merumuskan kerjasama untuk peningkatan kinerja dan pengembangan bisnis. Kami sebagai perusahaan BUMN berkomitmen untuk saling mendukung kelancaran proses kerja dari produksi, distribusi dan perdagangan, dengan menyediakan layanan jasa yang terintegrasi sehingga perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang, papar Bachder

Sucofindo telah berpengalaman hampir 62 tahun menyediakan jasa terkait inspeksi, sertifikasi dan pengujian untuk berbagai industri dan komoditas, yang didukung oleh laboratorium uji dengan metoda dan peralatan terkini serta tenaga ahli yang berpengalaman. Dan telah terakreditasi secara Nasional dan Internasional. 

Untuk meningkatkan pelayanan pelanggan, Sucofindo telah melakukan berbagai proses inspeksi, sertifikasi dan pengujian secara terdigitalisasi, misalnya untuk jasa pemastian di hulu tambang, dengan menggunakan metoda data akuisisi seismic menggunakan teknologi 2D dan 3D.  Sucofindo juga memiliki peralatan survei terkini, seperti pesawat tanpa awak (UAV) yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor industri untuk pemetaan wilayah. [ay/DF ]