Sosialisasi PP Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah B3

Senin, 17 Oktober 2016 | 08:32


Pengelolaan Limbah B3 Sebagai Tanggung Jawab Lingkungan
Sucofindo dan Kawasan Industri Pulo Gadung bersama dengan PT Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung (PT JIEP) melaksanakan sosialisasi PP Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Pelatihan yang merupakan kerjasama Divisi Penjualan dan Pemasaran Korporat (PPK) serta Strategic Business Unit (SBU) Laboratorium Sucofindo dan PT JIEP ini dihadiri tenant dari perusahaan sekitar Kawasan Industri Pulogadung. Sosialisasi PP nomor 101 tahun 2014 dilakukan dalam rangka meningkatkan pengelolaan lingkungan setiap perusahaan di Kawasan Industri JIEP.
 
Kepala Bagian Pemasaran Korporat Sucofindo Wina Winarsih mengatakan, pelatihan ini secara khusus membahas PP Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun merupakan pengganti PP yang lama tentang Pengelolaan Limbah B3, yaitu PP 18/1999 Jumto PP 85/1999.

Dalam pelatihan yang bertempat di Lantai Dasar BPSP 4 Lantai Kawasan Industri Pulogadung ini Manager Laboratorium Lingkungan Sucofindo, Yuli Purwanto menyampaikan mengenai tata cara pengujian limbah B3 di Laboratorium.

Lebih lanjut Yuli menjelaskan, bimbingan teknis dapat diberikan oleh Badan Pengeloaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) untuk pengendalian pencernaan air, pengendalian pencemaran udara, dan limbah B3. Dengan hal ini diharapkan perusahaan dapat memiliki status ketaatan lingkungan dan status pencemaran lingkungan serta dapat menerapkan dan mengimplementasikan PP Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun dengan baik sebagai pelaku industri.

Purwati, Head Division of Estate Management PT JIEP menjelaskan pengelolaan lingkungan serta limbah B3 di Kawasan Industri Pulo Gadung adalah merupakan hal yang bukan hanya dilakukan sebagai mandatory, namun dapat diimplementasikan oleh setiap perusahaan di sekitar Kawasan Industri Pulo Gadung.

Dalam kesempatan itu, dibahas juga mengenai pembentukan sebuah forum untuk membahas mengenai kendala yang dihadapi didalam mengelola lingkungan di kawasan Pulo Gadung dan adanya rencana ‘penghidupan kembali’ Health Safety Environment (HSE) Forum di Kawasan Industri Pulo Gadung yang diwakili oleh penanggung jawab lingkungan di masing-masing perusahaan.  (vi/v)