NDT Metode Pengujian Akurat dan Efisien

Selasa, 20 September 2016 | 12:52


Pengujian NDT ini mampu memastikan keamanan dan keselamatan pemakaian selama proses konstruksiSebelum tahap awal kontruksi, industri perlu memerhatikan pemeriksaan dan pengujian material dan proses konstruksi secara mendalam. Pengujian ini dilakukan melalui metode Uji Tanpa Rusak atau Non Destructive Test (NDT).

“Pengujian NDT ini mampu memastikan keamanan dan keselamatan pemakaian selama proses konstruksi,” tutur Kepala Strategic Business Unit (SBU) Aset Energi Baru Terbarukan (AE BT) Suharyono di Jakarta (21/9).

Menurut Suharyono metode NDT memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena metode ini dapat melihat bagian-bagian yang tidak bisa diamati secara langsung.Selain itu, NDT juga terjamin dalam hal efisiensi, baik waktu maupun finansial.

“Ada kasus metode NDT dapat digunakan pada pengujian pipa yang telah tertanam tanpa menganggu proses operasi, jadi tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam pemeriksaan,” katanya.
 
Sebagai penyedia jasa audit dan inspeksi, Sucofindo sebagai perusahaan BUMN pun menyediakan metode NDT. Metode yang dimiliki telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini dengan rangkaian  pengujian, yaitu long range UT, real time radiography, Alternating Current Field Measurement (ACFM), scale checker, iris, dan phased array UT.