Pelatihan HACCP, Tingkatkan Kesadaran Mutu Pangan

Selasa, 23 Agustus 2016 | 08:44


Pelatihan ini mampu menghilangkan resiko kontaminasi terhadap pangan dan menerapkan kendali mutu dalam memastikan keamanan produk
Dalam meningkatkan kesadaran terhadap standar mutu pangan bagi para perusahaan yang bergerak di bidang pangan, PT Sucofindo mendukung penuh melalui program pelatihan dasar sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

“Pelatihan ini mampu menghilangkan resiko kontaminasi terhadap pangan dan menerapkan kendali mutu dalam memastikan keamanan produk,” kata Koordinator SBU KSP PT Sucofindo Syaeful Bachri di Jakarta (23/8).

Pelatihan HACCP ini merupakan salah satu bagian dalam Strategic Business Unit Komoditi dan Solusi Perdagangan PT Sucofindo yang akan diselenggarakan pada 11 sampai 13 Oktober 2016 di Cipta Hotel Pancoran. Masing-masing peserta nantinya akan diberikan pelatihan secara mendalam dengan para trainer berkompeten.

Metode pelatihan diberikan secara bertahap, sehingga para peserta mampu melaksanakan seluruh sistem HACCP berkelanjutan. “Pelatihan dilakukan dengan metode tatap muka di kelas, pembahasan studi kasus dilengkapi dengan peralatann dan peraga yang memadai,” ungkap Syaeful.

Kurikulum yang digunakan berdasarkan Pedoman Komuite Akreditasi Nasional (KAN), SNI CAC/RCP 1:2011, Standard Codex Alimentarious Commission CAC/ CRP 1-1969 Rev. 4 (2003), FAO/ WHO Approach dan ISO Standard, dan ISO 22000:2005.

Diharapkan melalui pelatihan ini dapat menjadi solusi dan peluang dalam memasarkan produk pangan dan meningkatkan mutu keamanan pangan di Indonesia, pungkas Syaeful. Pelatihan HACCP ini telah diadakan di sepuluh kota besar di Indonesia, seperti Medan, Manado, Dumai, Padang, Jambi, Lampung, Surabaya, Solo, Bandung, dan Jakarta.