Sucofindo Lebarkan Layanan Laboratorium Kalibrasi Di Cabang Balikpapan, Batam, Cilegon, Makassar, Medan dan Surabaya

Minggu, 31 Juli 2016 | 11:58


Salah satu upaya yang dilakukan Sucofindo adalah melalui pengoperasian laboratorium kalibrasi di 6 Kantor Cabang secara serentak di IndonesiaSebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dinamis, PT SUCOFINDO (Persero) senantiasa berupaya untuk mengembangkan kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki sebagai bentuk apresiasi serta  upaya untuk  memenuhi harapan dan kebutuhan para pelanggannya.

Salah satu upaya yang dilakukan Sucofindo adalah melalui pengoperasian laboratorium kalibrasi di 6 Kantor Cabang secara serentak di Indonesia, mulai 1 Agustus 2016.  Menurut Kepala SBU (Strategic Business Unit) Laboratorium Sucofindo, Anwar Tahir, selain di laboratorium pusat di Cibitung, Sucofindo menambah titik layanan jasa kalibrasi di 6 cabang lainnya yaitu Balikpapan, Batam, Cilegon, Makassar, Medan dan Surabaya. 

Menurut Anwar, Sucofindo dengan pengalaman hampir 60 tahun, secara berkesinambungan meningkatkan pelayanannya, dan senantiasa hadir lebih dekat dengan para pelanggan, termasuk dalam melayani  Jasa Kalibrasi peralatan industri dan laboratorium.

Anwar menjelaskan proses kalibrasi dilakukan untuk mencapai hasil pengukuran dengan tingkat akurasi yang tinggi, menentukan deviasi dan untuk menjamin hasil-hasil pengukuran tersebut sudah sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional.  Manfaatnya dilakukannya kalibrasi adalah untuk menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya, memelihara mutu produk yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan alat produksi yang dimiliki.

Menurut Anwar, kalibrasi dibutuhkan untuk peralatan ukur yang baru dan dilakukan tiap kurun waktu tertentu, diperlukan ketika suatu perangkat mengalami tumbukan/getaran yang berpotensi mengubah hasil kalibrasi sebelumnya atau ketika hasil pengamatan dipertanyakan. Saat ini berbagai industri telah menggunakan jasa laboratorium Sucofindo untuk pengujian kalibrasi, diantaranya dari Industri Kimia, Makanan Minuman, Kosmetik,  Otomotif, PLTU, Logam, Pupuk, Pertambangan, Perhotelan dan Perkebunan.

Anwar mengatakan mulai 1 Agustus 2016, laboratorium kalibrasi Sucofindo tersebut dapat melayani kalibrasi peralatan gaya, massa, tekanan, suhu, dimensi, volume dan instrumentasi kimia, dan peralatan Listrik.

Laboratorium Kalibrasi Sucofindo memiliki kalibrator-kalibrator yang setara standar Nasional dan Internasional, serta memiliki CMC (Calibration and Measurement Capability) tinggi dan Nilai Ketidakpastian yang kecil,  sehingga menghasilkan pengukuran yang akurat dan memiliki ketelitian tinggi. Sucofindo memiliki komitmen dalam menjaga ketertelusuran kalibrator-kalibratornya, berdasarkan prinsip-prinsip ISO 17025 sehingga dapat memberikan jaminan terhadap keakuratan dan ketelitian hasil kalibrasinya, pungkas Anwar.