Hotel-hotel Besar di Pontianak Sudah Miliki IPAL

Kamis, 28 Januari 2016 | 15:08


selama ini limbah dari hotel yang ada di Kota Pontianak sudah bagus, selain itu BLH juga secara rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke lapanganKabid Pengawasan dan Pentaatan Hukum Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pontianak, Muhammad Nasir menuturkan, sesuai dengan aturan dan kewajiban pihak pengelola hotel wajib memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan melakukan laporan swapangkal.

"Artinya mereka mengambil sample sendiri dan melakukan pengujian mungkin dilakukan pengujian dengan Depkes atau Sucofindo atau lembaga lainnya yang berkompeten dan memberikan hasilnya pada BLH," ucapnya, Selasa (26/1/2016).

Diakui Nasir, selama ini limbah dari hotel yang ada di Kota Pontianak sudah bagus, selain itu BLH juga secara rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke lapangan.

BLH juga melakukan pengawasan pada badan air sehingga jika memang ada pencemaran, maka akan dicari mengapa bisa tercemar, atau dimana letak awal pencemarannya yang dilakukan secara mendalam.

"Untuk hotel-hotel yang besar di Kota Pontianak semuanya sudah memiliki IPAL dan itu memang wajib dimiliki, dan pengelola hotel memang telah menyiapkan tugas khusus terkait IPAL yang ada di hotelnya yang mengawasi dan melakukan pemeliharaan IPAL-nya," katanya.

sumber http://pontianak.tribunnews.com/