SOSIALISASI SERTIFIKASI LAIK OPERASI SE-SUMATERA BARAT SUCOFINDO SIAP DUKUNG IMPLEMENTASI SLO

Kamis, 28 Januari 2016 | 11:01


Sosialisasi yang membahas menganai peraturan terkait sertifikasi jasa kelistrikan ini dihadiri oleh perusahaan perkebunan, perhotelan, rumah sakit, bank, kampus, instansi pemerintah dan perusahaan swasta lainnyaBertempat di Hotel Grand Inna Muara Padang, PT. SUCOFINDO (PERSERO) Cabang Padang bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Laik Operasi (SLO) Untuk Pembangkit Listrik Swasta (Non PLN).  Sosialisasi yang membahas menganai peraturan terkait sertifikasi jasa kelistrikan ini dihadiri oleh perusahaan perkebunan, perhotelan, rumah sakit, bank, kampus, instansi pemerintah dan perusahaan swasta lainnya. Dari target hanya 100 peserta Jumlah peserta yang hadir sebanyak 156 orang. Kehadiran peserta yang membludak ini mendapat apresiasi yang positif dari Kepala Dinas ESDM setempat, Ir. Marzuki Mahdi, AK yang hadir membuka acara. Hadir sebagai narasumber Harry Martinus Kepala Bagian Kelistrikan dari Dinas ESDM dan Berriman H Nadeak Kepala Bidang Kelistrikan dari PT. SUCOFINDO.

Terkait peraturan ketenaga listrikan, Harry Martinus menjelaskan mengenai Undang-Undang No. 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, dimana undang-undang ini menjelaskan bahwa Usaha Penyediaan Tenaga Listrik hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan Ijin Operasi. Sebagai syarat untuk memperoleh Ijin Operasi pembangkit listrik yang digunakan harus mempunyai Sertifikat Laik Operasi dari Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) yang terakreditasi, salah satunya adalah Sucofindo.

Menyambung penjelasan,  Ir. Berriman, Kepala Bidang Kelistrikan  SUCOFINDO mengatakan siap melakukan asistensi sebelum pelaksanaan SLO bahkan bila perlu hingga pengurusan Ijin Operasi. Hal ini merupakan komitmen SUCOFINDO untuk menciptakan nilai ekonomi berkelanjutan kepada pelanggan. Saat ini, SUCOFINDO sebagai Lembaga Inspeksi Teknis yang Terakreditasi sudah mampu menerbitkan sertifikat Laik Operasi secara online dan terkoneksi ke Dirjen Kelistrikan, sertifikat ini bisa dicek secara online di situs Dirjen Kelistrikan. Selain itu PT. SUCOFINDO juga  sudah memiliki tenaga inspeksi teknis hingga level III.

Menutup paparannya, Berriman menyampaikan agar serifikasi tenaga kelistrikan ini dapat menjadi prioritas bagi usaha terkait, agar Undang-undang ini mampu memberikan dampak yang positif bagi perusahaan.(ngatini/editor vena)