Program Siswa Mengenal Nusantara, Menanamkan Bangga Keragaman Budaya

Selasa, 29 Desember 2015 | 13:00


Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Sucofindo Beni Agus Permana mengingatkan program siswa mengenal nusantara dari Provinsi Kalimantan Utara akan menanamkan rasa bangga keragaman budaya tanah air."Sebagaimana yang diamanatkan Menteri BUMN dan HUT RI ke-70 bertemakan BUMN Hadir Untuk Negeri. Sebagai BUMN yang diberi amanah mengantar siswa dan pendamping di Sumsel. Program ini jadi agenda tahunan rutin reguler. Menanamkan rasa bangga terhadap keragaman budaya,"

ungkap Beni Agus Permana, Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis PT Sucofindo didampingi Noval Tajudin Kadiv Sekretariat Perusahaan dan Kacab Palembang Agus Sutoyo saat menyerahkan rombongan Program siswa mengenal Nusantara dari Provinsi Kalimantan di Auditorium Diklat PT Pusri Palembang, Senin (28/12/2015).

Dikatakan Beni, sebagai generasi penerus harus bisa menjaga dan melanjutkan peradaban agar bisa berdiri sejajar dengan bangsa lain.

"Perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada PT Jasa Marga, PT Pusri dan PT Indo Parma sehingga program ini berjalan dengan baik. Selanjutnya kami serahkan siswa ini. Bagi siswa yang berhasil diseleksi dari Maluku Utara ini agar bisa memanfaatkan kesempatan ini," kata Beni.

Sementara Direktur SDM dan Umum PT Pusri Palembang M Romli HM dalam sambutannya mengatakan para siswa yang ikut ini merupakan siswa pilihan.

"Sumsel dikenal pusat sejarah kerajaan Sriwijaya. Tadi itu tarian. Pabrik Pusri konon salah satu situs bersejarah. Konon waktu didirikan banyak situs bersejarah dan bangunan lama. Dengan kegiatan ini bisa menanamkan rasa bangga. Mulai hari ini adik-adik mendapatkan materi wisata edukasi dan sosial budaya dan enterpreneurship. Saya menginformasikan lokasi sekarang tidak jauh dari pabrik PT Pusri. Pabrik pertama di Indonesia Tahun 1959. Dimulai satu pabrik Alhamdulillah menjadi empat pabrik. Kami sedang membangun pabrik Pusri IIB. Pupuk salah satu bahan strategis untuk tanaman. Dengan adanya pemupukan dapat menghasilkan lebih banyak panen," terang Romli.

Sebanyak 17 siswa dan 3 pendamping (2 dari dinas pendidikan Kaltara, 1 Kepsek SMPN 1 Sembakung Nunukan) mengikuti Program siswa mengenal Nusantara, 27-31 Desember 2015 di Kota Palembang.



Ke-20 orang ini merupakan dari siswa teladan dari Kalimantan Utara mengikuti program yang nantinya dipusatkan di Auditorium Diklat PT Pusri Palembang.

Rombongan menginap di Wisma Anggrek Pusri. Pada tanggal 28 Desember acara diawali pembukaan. Selanjutnya wisata edukasi dan sosial budaya di SMAN Sumsel, Gelora Sriwijaya Jakabaring, Masjid Chengho, Taman Budaya Sriwijaya Dekranasda.

Kemudian pada tanggal 29 Desember wisata edukasi dan Sosial Budaya mengunjungi Alquran Akbar, TPKS, Masjid Agung, Monpera, jembatan Ampera, BKB, Pulau Kemaro, Museum Balaputradewa.

Pada tanggal 30 Desember menerima penjelasan materi produksi urea di Auditorium Pusri sekaligus plant tour di pabrik Pusri, kebun percobaan Pusri, Posdaya Gemilang 2 Ilir.

Terakhir pada tanggal 31 Desember presentasi hasil pengenalan nusantara, penyerahan piagam penghargaan, penutupan program oleh PIC.

Kegiatan Indonesia Negeri Kebanggaanku BUMN Hadir Untuk Negeri ini difasilitasi PT Pusri Palembang, PT Sucofindo, PT POS, Jasa Marga, dan Perhutani.

"Kita yang ikut itu ada 17 siswa dan 3 pendamping. 2 dinas pendiddikan Kaltara, 1 Kepsek SMPN 1 Sembakung Nunukan. Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan anak-anak yang jelas budaya kita berbeda di nusantara. Ada wisata budaya. Kita nanti akan diajak ke pabrik-pabrik. Mudah-mudahan anak pulang nanti membawa hal yang baru. Contoh pempek. Memotivasi teman yang lain. Mudaha2an tahin depan ada lagi," kata M Rachmat, Ketua rombongan.

sumber http://palembang.tribunnews.com