BUMN Ingin Punya Bisnis E-Commerce Sebesar Alibaba

Selasa, 24 November 2015 | 07:18


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak ingin tertinggal dari perkembangan zaman. Belanja.com yang merupakan produk milik PT Telkom Tbk akan didorong untuk menjadi lebih besar, bahkan setara dengan situs perbelanjaan atau e-commerce alibaba.com asal China.
"Kita inginkan belanja.com miliknya Telkom supaya seperti bisa alibaba.com," ungkap‎ Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan‎ Kementerian BUMN di Kapal KM Kelud, Semarang, Minggu (22/11/2015)

Barang-barang yang akan diperjualbelikan nantinya adalah produk UMKM dari seluruh Indonesia. BUMN yang akan menyortir dan melakukan sertifikasi‎ adalah PT Sucofindo. Sementara itu, untuk kemasan dan pemasarannya dibantu oleh PT Sarinah.

"‎Standardisasi akan dilakukan dari semua produk dari Aceh hingga Papua dan sertifikasi oleh Sucofindo. PT Sarinah akan juga memiliki trading house untuk UMKM," paparnya.

Sehingga produk-produk asli dalam negeri bisa terkenal dan mudah untuk didapatkan orang yang berada di luar negeri.

"Ini supaya kita bisa mempromosikan produk UKM sehingga kita bisa tidak hanya jual dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Ini adalah untuk program ekonomi kerakyatan," tegas Gatot. (dtf)

sumber http://www.medanbisnisdaily.com