Kementerian BUMN Ingin Bentuk Trading House Saingi Alibaba

Senin, 23 November 2015 | 07:48


Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo mengatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bercita-cita ingin menyaingi Alibaba.com. Pasalnya, ada wacana pembangunan trading house untuk para UMKM nasional yang dilakukan oleh PT Sarinah, PT PNM, PT Sucofindo dan BUMN terkait lainnya.

"Sekarang kita cek lagi standarisasi Aceh ke Papua kita ingin PNM seperti itu sehingga bisa menstandarisasi produk UMKM yang ada dan nanti akan disertifikasi oleh sucofindo," kata Gatot di Kapal KM Kelud, Minggu (22/11/2015).

Dalam perjalanannya, Gatot mengungkapkan, para produk UMKM yang dipasarkan pada trading house milik BUMN ini akan dipasarkan juga melalui Belanja.com yang saat ini dimiliki oleh PT Telkom Indonesia.

"Supaya seperti bisa kaya alibaba.com. supaya kita bisa mempromosikan produk UMKM sehingga kita bisa tidak hanya jual dalam negeri tetapi juga di luar negeri. ini untuk yang ekonomi kerakyatan," tambahnya.

Menurut Gatot, program-program tersebut masuk dalam Roadmap BUMN 2015-2019. Adapun, program lainnya seperti pembangunan ATM bank-bank Himbara. Pasalnya, penggabungan ATM bank Himbara mampu menghemat capex dari masing-masing perbankan BUMN.


sumber http://economy.okezone.com